Lilin Kecil

Lilin Kecil

Lilin kecil itu masih terus bersinar
memberikan sebagian senyumnya bagi orang lain
menyesapkan cahaya yang dia miliki
untuk memberi arah bagi sang puteri
yang sedang menuju pelangi
dengan sepasang sayap
sebagai persembahan suci

Pada akhirnya nanti
sang lilin akan padam dengan sendirinya
hingga tiba saatnya
sang puteri sampai dikaki pelangi

kuantar kau ke ujung pelangi

Rintik hujan disore ini
membasuh dahaga
pada dirimu
akan arti sebuah teman

Rintik hujan disore ini
membuat bunga tersenyum
dengan ceria
tanpa merasa berdosa

Rintik hujan disore ini
mengusik sang mentari
untuk sekedar berbagi
dengan para dewi

Rintik hujan disore ini
kupayungi dirimu
dengan selembar daun
menuju kaki pelangi

Jakarta, waktu 711
Advertisements
By wiblackaholic Posted in Poemz Tagged

Seperti Belalang

Seekor belalang
ditengah-tengah ilalang
yang terbakar dengan garang
dan tidak bisa terbang
seperti elang

tapi hanya satu tujuan belalang
untuk lebih mendekat
disebuah ilalang yang tidak terbakar
dan hanya muncul satu kali tiap masanya

Semoga dibulan ini
masih tersisa beberapa ilalang
untuk hinggap dan dapat
memberi kesejukan bagi hati

*semoga sang belalang tidak termasuk yang merugi di tahun ini*

[iseng] Do’a Buat Sutiyoso

Ya Tuhan

Lapangkan lah hati Sutiyoso
seluas lapangan Persija di Menteng

Tinggikan lah derajatnya
setinggi Jalur busway dikoridor 2 dan 3

Lancarkanlah rezekinya
selancar jalur buswae blok m-kota

Lindungilah dari segala marabahaya
seperti taman monas yang dilindungi pagar tinggi

Terangkanlah hatinya terus menerus
jangan pernah dipadamkan seperti listrik dari PLN

harumkanlah namanya
Seperti bau harum di TPA bantar gebang

Angkatlah segala penyakitnya
Jangan seperti tanah galian Banjir kanal timur yang diangkat
tapi berceceran disepanjang jalan durensawit


Jangan hentikan do’a ini
Seperti terhentinya kendaraan karena macet
akibat pembangunan jalur buswae

Ngabuburit itu enaknya sambil……

Ngabuburit

yang enak nunggu waktu buka itu sambil
browsing atau chatting kalo pas ditempat kerja.
atau dimanapun yang punya koneksi inet ga dodol..
Nah, tapi kalo chatting ga boleh ngomongin orang, percuma puasanya. Jadi misalnya kalo lagi chatt,
* dihindarin ngomongin hal yang jelek2
tentang orang lain, tapi ngomongin aja hal yang baik-baik aja biar dapat pahala.. gini contohnya :

A : Eh, mbak yang rumahnya pojokan itu, yang pagarnya warna hijau makin cantik aja yah..
B : Iya, apalagi suaminya juga ganteng, cocok deh.. emang udah jodoh.
A: Iya, suaminya baik banget lho, kmaren kan aku ketemu di mal, dia lagi belanja, di tempat pakaian perempuan, sama perempuan yang juga cantik kaya istrinya, tapi lebih muda. udah gitu digandeng pula, bener2 baik hati kan.
B : Iya, betul.. bener hebat yah tetangga kita itu..
Tuh, kalo gitu kan gpp, memuji kebaikan orang lain.. ūüėÄ

* Nah, bisa juga dengan Chat bisa menimbulkan rasa kasih terhadap orang lain
A: eh apa kabar bu kmana aja?
B: biasalah, lagi sibuk nih, bulan puasa gini.. pulang kerja
harus segera masak buat buka suami dan anak. kemana aja jeng?
A : biasalah, sama dengan kamu jeng.. sibuk, kerjaan ga ada habis2nya
ngomong2 apa kabar dunia MP nih?
B: gitu-gitu aja, ga ada berita besar kok.. cuma berita itu aja tuh, yang id MP nya cakepdotmp, kenal kan? cantik, baik hati lagi, suka menolong…
A : iya betul, suka menolong kalo ada yang butuh…
trus mbak itu ternyata ga mampu menahan marah lho, masa kemarin 9500 nya diambil orang dia marah-marah, harusnya kan dibulan puasa, dia bisa sabar…

Kasihan yah…. udah cantik-cantik gitu masih suka marah-marah
B: Iya, kasihan yah….

itu kan secara virtual, bisa juga ngauburitnya secara langsung
bagi yang menghindari untuk ngerumpi, bisa bikin acara masak-masak buat persiapan buka, misalnya sekelompok orang dari Multiply ngadain acara masak bareng.  Nah, itu kan bisa menghabiskan waktu sebelum waktu berbuka.
Ada keuntungannya juga, sambil masak bisa saling mencicipi masakan temannya, jadi kalo si A masak Ayam bakar Cemani, B bikin Capcay rasa duren, C bikin es Cendol pakai Nutrisari. Atau D bikin gulai kepala ikan teri bumbu kuning…¬†Ingat yah, hanya mencicipi, jadi itu tidak membatalkan puasa.

Terus sambil ngobrol-ngobrol ttg berbagai macam resep yang mau dicoba,
bisa aja nanti ada kolaborasi, bikin kue untuk dijual.
Misalnya kue nastar rasa sakit hati, cake tape rasa cemburu atau Kacang goreng garing
rasa girang….

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

[Gitu Dehh] Sabtu yang aneh….

Hari Sabtu kemarin, menunggu kerjaan dari team lapangan, sambil dengerin Angie nya Mick Jagger, Seorang Sahabat tiba-tiba datang ke kantor, langsung ngebajak  buat jadi penunjuk jalan kearah Bekasi, ada nikahan saudaranya.
Deal pertama oke lah buat jadi petunjuk arah aja.. abis itu¬†milih nunggu dimobilnya dia. Deal pertama di setujui,¬†Ternyata sampai sana perjanjian ga berlaku, malah diajak buat ikutan masuk….
Kalo ga mau masuk, dia ngancam.. ga mau temana lagi…

Jadi hari sabtu itu adalah hari yang bersejarah, karena baru pertama kali diculik seseorang yang manis, untuk menjadi petunjuk arah buat cari gedung nya malah diajak masuk, dan diancam dengan serius kalo ga mau ikut masuk.
Dan pertama kali juga kondangan dengan memakai Kaos dengan tulisan 99% gila plus sendal jepit bercampur dengan para undangan yang memakai jas serta batik.¬†Aku aja kalah rapih sama mas-mas dari katering… ūüôā

Setelah mendengarkan bahasa tingkat tinggi yang aku sulit cerna¬†dari susah payah cari padanan katanya, aku bilang sama Sahabatku¬†Bahasanya susah banget dingertiin¬†eh dengan santainya Sahabatku bilang : itu kan yang ngomong bapak eike¬†*gubrak* Jadi maluw….

Abis antri salaman dengan saudara sepupunya,¬†antrian yang ga kalah panjang menunggu disemua tempat makanan.¬†Karena dia udah lapar, dia mau antri bakso, dan aku diminta ¬†untuk antri kambing guling.. siyap boss….¬†
Pas antri didepan “stand” kambing guling, Lebih tepatnya bukan antri¬†karena kalo antrian itu panjang kebelakang, nah kalo ini semuanya nyerbu ¬†mirip2 antrian jajanan bango gitu deh,¬†bedanya kalo disini ga bayar dan ga campur debu kayak dilapangan banteng.

Untuk mendapatkan piring aja, butuh pengorbanan luar biasa¬†kalo ndak inget itu pesanan, aku mah milih keluar antrian aja¬†n beli sate kambing di samping kiri depan gedung ūüėÄ

Ndilalahnya, mbak-mbak yang berada didepan piring-piring itu berada,  melihat aku kejepit kasihan sama aku n mikir,  mungkin ini orang kampung lagi nyasar n kelaperan
mau makan gratis dinikahan orang n ga bisa ambil piring,  maka langsung memberikan piringanya dan dia mengambil lagi,  Aku yang Niatnya mau ambil dua, tapi diberikan satu.. ya gpp deh,
buat yang lagi ngidam..

Eh, pas banget giliranku… ternyata aku adalah orang terakhir..¬†mas2 yang jaga udah bete… akhirnya semua yang ada di tempatnya¬†masih cukup untuk 2 porsi di tumplek ke piringku…¬†abis itu ngabur dia…

Dan yang memberikan piring padaku malah ga dapat… aku tawarin buat join dia
ga mau, yo wes… akhirnya buat Sahabatku aja…. ūüėÄ

Yah… pengalaman bersejarah dibajak buat temanin kondangan seorang sahabat yang manis bareng sendal jepit pula… ūüėÄ

Menikmati Sepi

Teringat akan ucapan seorang teman, ketika mengajak bertemu, aku bertanya :
“dengan siapa aja ketemunya?”
itu adalah
pertanyaan standar yang aku berikan, jadi dengan mengetahui ¬†profil-profil siapa saja yang datang, akan lebih enak buat ngobrolnya… biar nyambung..
Nah, teman ini bilang..aku lagi ndak mau ketemu banyak orang, aku lagi malas basa-basi.”
Yup… aku ngerti, aku juga sering gitu, bahkan aku sering banget untuk jalan sendiri kemanapun…

Dengan beberapa teman yang emang udah ngerti, paling jalan cuma bertiga atau berempat… kalau bertemu malah asyik dengan acara sendiri-sendiri…¬†Ada yang mau foto-foto, cari makanan, semuanya dijalanin enjoy aja.¬†bisa meminimalisir gesekan yang bakal timbul mungkin sesuai dengan Mood,
seperti yang dicontohkan dalam jurnal yang ini

Bahkan ada satu teman yang kalau ngajak ketemu, cuma saling tukar buku¬†lalu sama-sama baca… waktunya tempat dimana kita bertemu mau tutup, ¬†berarti udah waktunya pulang.. ya udah, pulang…Beres…

Mungkin terlihat aneh, tapi memang kadangkala kita butuh waktu¬†untuk berteman dengan sepi, menikmati sepi….

makanya aku senang sekali dengan kalimat seorang teman dari jurnal yang ini,

“Namun pasti selalu ada saat dimana ada sepi..
Mungkin sepi adalah saat untuk merenung..
Memikirnya sejatinya kita, sejatinya hidup, dan sejatinya sebuah perjalanan”

Yah, kadang sepi itu emang dibutuhkan…..
bukan untuk pelarian, tetapi untuk mencari arah yang lebih baik…

Lho kok udah adzan?

Biasa deh, kalo disini dikantor ini banyak penyakit lelet¬†maksudnya kalo mau ngapa2in jarang banget yang ontime. ¬†Entah itu mau ke klien, mau makan siang, mau bikin report¬†malah repot beneran, ujung-ujung kesusu…. ¬†(dilarang berpikiran negatif… ini maksudnya keburu-buru gitu)

Nah, salah satu penyakit lelet ini juga dalam hal shalat..
Kalo mau shalat dalam antrian mah udah biasa, paling sebanyak-banyaknya orang yang shalat
cuma ngabisin waktu setengah jam. Tapi kadang, kalo liat antrian mulai ada, biasanya
nanti.. nanti dan nanti….¬†*sambil bercermin bolak-balik dari segala sisi neh*

Nah kemarin, pukul 17.45,(ini waktu tepat banget settingan di komputer nunjukin waktu segitu)
ada dua orang temanku lain divisi yang terburu-buru mau shalat ashar.. Aku nanya ama mereka,
udah maghrib ya ?
kalou mau magriban jamaah aja nanti…”
kupikir mah mereka mau siap-siap duluan, biar ga antri,¬†maklum, udah pada dijemput ama Mas’e masing-masing.¬†Mereka bilang : “belum.. ini mau ashar…”¬†Oalahhhh.. ternyata masih toh……


Aku ga perhatiin lagi.. trus aku bilang ama temanku
“kayaknya elo punya adzan yang di HP deh…”
dengan sigap tanpa harus bilang apapun lagi dan tanpa catatan serta ninggalin memo langsung deh temanku ambil HP nya¬†dinyalain tuh adzannya…¬†ga lama …………………….kedengeran suara rada kecewa gitu..
“Yah… udah maghrib deh…”
kita semua yang masih pada didepan kompi langsung pada nyengir2¬†akhirnya ga tahan untuk tertawa…. ampun deh…. ampun…¬†pas mereka ngeh itu cuma dari HP, langsung nerusin Asharnya…
Aduh…. maaf maaf……….

abis shalat, mereka ngamuk-ngamuk ama aku,¬†trus aku kebelakang buat wudhu, heh.. ternyata ada yang masih marah¬†ngehalangin aku lewat, aku kekiri… dia kekiri, aku kekanan… dia kekanan
malah mau megang aku…. biar batal.. n aku harus ambil wudhu lagi,¬†mana udah mau qomat lagi… mereka malah makin bikin aku terpojok…¬†ya sudah… akhirnya mengeluarkan jurus ampuh selalu berhasil dipraktekan¬†kalo ketemu hal jahil macam gini….
Tinggal bilang aja : “Kalo megang aku.. aku peluk sekalian lho”¬†Ampuh kayak iklan pembasmi nyamuk…. langsung pada kabur deh