[Ga Penting] Taksi pasti Berlalu

Bepergian dengan angkutan umum banyak suka dukanya.
dan aku paling enggak dapat cerita.
entah itu dari supir nya kalau aku duduk didepan, atau mendengerkan cerita dari para penumpang lainnya.

Tapi aku punya pengalaman yang aneh juga ketika menumpang taksi.
biasanya sih aku ngobrol dengan supirnya, yah macam-macam lah, mulai dari yang pak supirnya pernah narik becak, hingga ada yang curhat tentang masalah rumah tangga setelah memergoki istrinya selingkuh.

Tapi, dari berbagai cerita tentang taksi, ada yang aku ga bisa lupa.
Waktu itu setelah pulang dari acara MilCo, aku pulang bareng Bee karena memang searah.
Pas pulang itu hujan udah mulai turun, dan ternyata kearah timur makin deras.
Betapa romantisnya duduk berdua ditaksi, yang satu sibuk telepon, yang satu lagi sibuk sms, hanya pak supir yang jadi saksi dua orang aneh.
Setelah sampai rumah Bee, Taksinya berhenti didepan pagar persis disisi aku duduk.
Dan ga mungkin Bee keluar pintu satunya.. karena pintu masuk terhalang taksi. akhirnya aku turun lalu diikuti Bee.

Sebelum itu, Bee bilang ke pak supir agar memutar dahulu.
pak supir iya aja… Nah, pas taksi itu sedang memutar, aku pamit ama maminya Bee.
Pas aku keluar, taksi berlalu begitu saja, meninggalkan aku… huuuh, masak ga ngeliat ada aku, atau karena takut dihujan yang deras, melihat ada pakaian melayang tanpa ketahuan orangnya…
Aku terbengong-bengong.. sambil mikir… knapa nih pak supir? aneh
Aku tanya Bee, langsung nuduh apa dia udah bayar, makanya taksinya langsung kabur.
Ternyata Bee belum bayar, Lho.. piye iki.. ga lucu aja, hujan deras, manggil taksi susah, ojek ga ada, kalo jalan kaki sekitar 5km lagi…
Bee sampai teriak-teriak, yah.. ternyata Bee mengonggong… taksi tetap berlalu.

Akhirnya, kontak ke Buncit, baru setelah itu dikontak ke taksi nya.
Barulah pak supirnya sadar bahwa dia ga bawa penumpang.
Pas balik dia masih kelihatan bingung , mukanya kelihatan pucat.
Pas aku tanya, tuh pak supir ternyata sudah berjalan sekitar 1.5km berjalan kearah rumahku, dan dia bilang itu dia kearah sana ditunjukin arahnya sama aku..
Haduh… aku yang tadinya mau marah, jadi ketawa…. dan mikir lagi..
pak supir ngobrol ama siapa ya…? Pak supirnya makin pucet, dan bilang kayaknya abis anter aku dia mendingan balik pool aja, ga mau nerusin narik.. fyuhh.. ada-ada aja.

Kejadian kedua selasa siang tadi.
Untuk tugas kantor aku bersama team ku naik taksi Express kearah bukit duri n kampung melayu.
Aku udah pesan sama pak supirnya, kalau kita bakal berkunjung ke 4 tempat disertai dengan berhenti beberapa saat.
Ketika sampai ditempat tujuan pertama, ternyata orang yang kita tuju sedang shalat,
yo wes.. nunggu dulu lah.
setelah nunggu itu, aku titip pesan dengan temanku agar memberitahu bahwa kita butuh ditunggu sekitar sepuluh menit lagi.
pas balik, temanku bilang pak supirnya ok untuk nunggu.

Setelah urusan beres.. kita keluar gedung, ternyata taksinya tidak ada…. kabur lagi..
lalu aku buru2 keluar halaman gedung, taksinya masih kelihatan, aku panggil,
taksinya malah mekin kencang, dan pergi.

Waduh, suasanannya persis ketika aku ditinggal Blue Bird,
Aku sungguh ga enak hati, bukan dengan team ku sehingga mereka berjalan, tapi dengan pak supir yang belum aku bayar.
Semoga rezeki bapak tambah banyak yah pak..
Lain kali mau kok gitu lagi 😀

*gambar : googling

[Ga Penting] Tentang PM & Reply-nya

Tentang PM
waktu itu aku pernah nulis tentang Add atau invite kontak, Sekarang iseng mau nulis tentang PM, ini juga setelah baca reply-reply dari PM yang ada 🙂

Fungsi
PM itu mah kalau buat aku pribadi banyak fungsinya
1. Fungsi buat berdua:
bisa untuk bertanya tentang apapuun atau cari informasi, ngucapin ultah, atau ngobrol haha hihihi.. bahkan bisa juga juga pdkt (ahh… enggak deh.. cukup cukup… :D)
2. Fungsi Buat lebih dari dua kontak
Ini bisa untuk memberitahu sesuatu hal..
Misalnya ada yang ulangtahun.. trus niat ngerjain.. eh, niat ngasih kejutan..
atau buat ngajak kumpul dimana gitu.. dan hanya untuk orang-orang yang dekat aja..
bahkan bisa buat ngasih tahu ada perubahan alamat atau no telp.

Kelemahan & Rekor
PM juga ada kelemahannya seperti yang Mbot tulis disini
tapi pas aku coba, udah ga bisa lagi.. 😀
Dari beberapa PM yang ada, ada rekor PM yang aku terima dari Kontak aku.
PM terbatas itu dikirim 3 November 2005.
bearti hingga jurnal ini aku tulis sudah 471 hari 🙂

Ada hal yang aku lihat jadi masalah adalah ketika “peserta” dalam PM itu mulai me-reply kembali..
membuat PM itu naik lagi..

Kalau aku, terus terang aja juga pernah iseng setelah melihat PM itu naik lagi,
aku turut mereply, karena yang mengirim PM termasuk dekat.
Tapi aku lupa, bahwa orang-orang yang ada di PM itu belum tentu kontak aku,
dan belum tentu juga senang dengan reply-replyan yang ngawur yang ngajak becanda..

Mohon Maaf yak…

Dan memang, sebagian besar ada yang terganggu dan beberapa yang meminta agar namanya dikeluarkan dari PM
atau bahkan menyarankan agar PM tersebut dihapus…
yah, siapa tahu lagi nunggu PM yang penting dari seseorang gitu.. pas dibuka??…
huaaaa… tidak sesuai harapan..

Mungkin yang lain juga berpikiran sperti itu, tetapi bisa saja sungkan atau ga enak hati terhadap si pembuat PM.
Atau bisa saja si Pembuat PM juga sudah lama ga login, jadi ga tahu perkembangannya.

Yah…. seandainnya PM bisa hilang dari pandangan di “message summary” atau bisa ketahuan PM dari siapa, itu akan lebih baik..
jadi ga terlalu harap-harap cemas dengan : 1 personal message… dst..


Kalo bagiku mah… ya… cuek aja lah, mau muncul lagi, mau naik lagi ga masalah buatku.
tapi mungkin bagi yang dialup… itu juga merupakan problem… 😀

Semoga dengan Jurnal ga penting ini, ada masukan atau bahkan ada yang langsung PM sipembuat PM agar PMnya ditindaklanjuti… :p

[Dua Sisi] Simalakama, Bantuan & Posko

Kemarin, jalan ke Kp Melayu, tepatnya ke kelurahan Kp Melayu, termasuk Kelurahan Selebritis pada saat Banjir besar melanda Jakarta.

Disana bincang-bincang sejenak dengan pak Lurahnya. pada saat datang, pak Lurah sedang sibuk bertelepon ria. Setelah itu, barulah ngobrol-ngobrol.

Kalau masaah banjir, itu sudah rutin, dan nyaris 90% wilayahnya termasuk wilayah rawan air.
Jadi untuk penanganan banjir (yang biasa) seperti untuk pengungsian, dan logistik sudah lumayan cara penanganannya. Kecuali pas Banjir kemarin. itu memang diluar dugaan. dan Kesibukannya makin luar biasa.

Nah, kembali keawal.. Pak Lurah yang sedang bersibuk-sibuk ria itu ternyata ditambah bonus sibuknya dengan para pengungsi dan pemberi bantuan (relawan, Posko)

Yah, semuanya mengerti kalau banjir tersebut membuat segalanya yang terkena banjir menjadi lebih sulit. Didalam rumah tergenang lumpur, banyak perabotan yang tidak bisa digunakan lagi. dan masih banyak kerugian lainnya.

Pengungsi & Bantuan
setelah banjir berlalu, mulai banyak yang meninggalkan posko, tetapi masih banyak yang bertahan.
Sebenarnya para pengungsi sudah bisa pulang, dan mulai membersihkan rumahnya,  Tetapi mereka lebih memilih tinggal, karena di posko keadaannya lumayan terjamin.
Dan mereka mencoba bertahan di tempat itu. Selama Posko masih ada, dan mereka masih disana, bantuan akan terus masuk.

Akhirnya kepala suster di santa maria, komplain. karena pelajaran jadi terganggu.. Setelah negosiasi dan waktunya di undur, tetap juga tidak mau beranjak 🙂
Nah, pas aku disana itu, pak Lurah baru selesai berunding dan para pengungsi dengan wakilnya membuat surat pernyataan diatas materai bahwa pengungsi sudah harus meninggalkan santa maria hari ini .. Aku baru membaca berita didetik setelah diberitahu temanku

Posko
Posko yang berada dipinggir jalan juga perlu dipindahkan,  tujuannya agar tidak menganggu kelancaran lalulintas. Para pemilik Posko pada komplain, kenapa disuruh dibongkar.
Ternyata berita yang tersebar seperti itu, padahal pihak kelurahan meminta agar posko dipindahkan, dan tidak memerintahan buat dibongkar dan sudah ada ketentuan waktu beroperasinya posko…
aku jadi berpikir, kalau membantu harus dengan spanduk tulisan gede-gede ya?  atau ini merupakan media iklan terselubung? 😀

Dari satu sisi, dalam hal membantu korban banjir, banyak sudah melaksanakannya,
Tapi kalau melihat dari sisi yang satu, seharusnya bisa disikapi dengan Arif. Toh tidak bisa terus menerus menunggu bantuan, tetapi juga harus bekerja untuk kembali beraktivitas pasca banjir.

Dan para posko yang mewakili apapun itu, entah Partai, Partai dan Partai ..  ups.. ralat, entah itu Partai, Golongan, atau Komunitas serta Perusahaan atau Kelompok
bisa lebih membaca situasi untuk membantu dengan cara yang lain, jika bisa turun langsung no problem, kalau dalam bentuk sumbangan misalnya jangan Mie lagi Mie lagi 🙂
Apapun Minumannya, makanannya Mie Instant haduh….

Pada saat ini, peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan untuk membersihkan lumpur, peralatan memasak serta alas untuk beristirahat.

Ah… seperti yang temanku bilang… “Inilah Indonesia…. “

[Aku Belajar] Menari Bersama Hujan

4 Feb 07
Minggu jam 06.10 ada telpon dari temanku, minta buat dijemput, tempatnya kebanjiran.
07.10, udah nongkrong diatas Tol Pulomas, Lumayan bisa naik motor di Tol.. 😀
enggak lima tahun sekali bisa lewat tol …. :p

Ternyata temanku yang mau ngungsi dari Kelapa Gading blum datang…
sambil nunggu aku turun kearah pintu keluar didepan Trisakti, udah pada kumpul para penjual jasa ojek gerobak,
antri dengan tertib menunggu orang ingin menyeberang.
yah.. ga lama hujan… ah… akhirnya bisa menari bareng hujan hujan…
Semua berusaha berteduh dibalik truk yang terjebak banjir.

Hujan berhenti, Tampaklah orang-orang yang tadinya ngumpet bermuculan.

Ternyata ada tukang Roti, lumayan buat ngisi perut dicuaca yang dingin gini.
Iseng iseng aku tanya knapa tetap berjualan, karena dimana-mana banjir
bapak tersebut bilang “yah, alhamdulillah rumah saya ga banjir, jadi saya tetep bisa cari uang.. kalau dimana-mana banjir saya diam disini aja dulu. Toh cari Rezeki ga harus berkeliling disini juga bisa, nanti siang-siangan baru pulang,, abis ga tau kondisinya banjir dimana-mana…”
*percakapanku terputus karena ada orang yang membeli roti si bapak, dan aku segera menyingkir untuk melihat para Tukang Ojek Gerobak yang menjual jasanya, bermacam-macam gerobak mereka pakai, ada yang gerobak sampah, gerobak untuk memulung, gerobak Roti (gerobak sari roti) dan gerobak bahan material..

Diantara orang-orang yang berada di pintu keluar itu, ada orang yang menarik perhatianku.
Seorang bapak yang mengendong karung dan mengambil botol serta gelas plastik bekas air mineral.

Ketika sampai didekatku, aku bertanya.. “dapatnya banyak pak?”
“yah, lumayan lah… lebih banyak rezeki saat banjir” sibapak menjawab pertanyaaku sambil mengambil botol mineral.
“ga bawa gerobak pak? kok pakai karung gini?” aku tetap menerskan pertanyaan
“itu, ada saya tinggal dibawah jembatan..” sembari membersihkan botol yang kena tanah dengan air luapan banjir.

aku makin penasaran..
“ndak ikut bersama dengan teman-teman pak… buat membantu orang yang membutuhkan penyeberangan?”
sibapak yang sibuk membersihkan botol langsung berhenti lalu menatap aku dan bilang..

“Saya orang susah, dan mereka juga sedang susah, ga usah cari duit dari yang kesusahan.
Gini aja saya udah bersyukur, rezeki saya tambah banyak dari barang-barang yang kebuang..”

belum sempet ngomong apa-apa lagi.. turun hujan lagi… ya, akhirnya sibapak pergi berteduh, dan aku meneruskan menari bersama hujan, berakhirlah moment belajarku hari itu dari dua orang bapak..

Laporan Sementara MPers Peduli Banjir

Laporan Sementara Penerimaan dan Pengeluaran untuk Baksos “MPers Peduli Banjir”
Biar bisa dipantau terus dan dikoreksi kalau ada salah..
Lokasi Tahap I : Cipinang Muara, masuk dari Belakang Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.
Lokasi Tahap I : Ciledug*
PENERIMAAN
Nama Bank Kota Tanggal Jumlah Total
CHV I Jakarta 4-Feb 500,000
CHV II Jakarta 4-Feb 500,000
CHV III Jakarta 4-Feb 1,000,000
SGT Jakarta 4-Feb 200,000
PJA Jakarta 4-Feb 100,000
MHR Jakarta 4-Feb 200,000
WWI Jakarta 4-Feb 225,000
IRW Bca Jogja 4-Feb 100,000 2,825,000
Saldo Baksos Jakarta 4-Feb 695,000
WND Bca Bandung 4-Feb 100,000
TIA Bca Jakarta 4-Feb 100,000
NAN Bca Jakarta 4-Feb 200,000
BOO Bca Jakarta 6-Feb 450,000
HST Bca 7-Feb 50,000
CHI Bca 7-Feb 100,000
TYB Bca Jakarta 7-Feb 300,000
NN Bca 7-Feb 100,000
GAT Bca 200,000
RID Bca 50,000
EL Bca 100,000 2,445,000
Total Penerimaan / 7 Februari 07 5,270,000
CIPINANG
PENGELUARAN
Keterangan Unit Harga Jumlah Total
Bon I (Carrrefour)
Laurier 10 7,180 71,800
MD Panty 6 9,900 59,400
Atasan Piyama 1 19,900 19,900
Men T-shirt 12 19,900 238,800
Man Jacket 2 19,900 39,800
Max panty 15 3,900 58,500
Ellen Bra 12 9,000 108,000
Caladine Powder 5 7,100 35,500
Purol Powder 5 8,125 40,625
Caplang Minyak Telon 5 8,350 41,750
Tolak Angin 10 8,030 80,300
Oskadon 10 1,175 11,750
Milna Todler 1 6,250 6,250
Sun Marie Biscuit 4 3,745 14,980
Promina Bisc Roll 10 6,675 66,750
Promina Bisc 125 20 8,270 165,400
Milna Biskuit Buah 6 7,500 45,000
Boneeto UHT Berry 26 2,775 72,150
Boneeto UHT Vanilla 50 2,775 138,750
Indomilk UHT Straw 23 1,950 44,850
Air Mineral 2Tang 600ml 24 1,060 25,440 1,385,695
Bon II (Giant)
Energen 1 16890 16,890
Ceremix Vanilla 2 15475 30,950
Ceremix Choco 2 15475 30,950
Cradlers 10 4150 41,500
Soffel 5 10190 50,950
Lolla baby diapers XL 2 42030 84,060
Lolla baby diapers L 72 1 96374 96,730 352,030
Bon III ( Indomaret)
Air Mineral Indomaret 1500ml 16 2150 34,400
2tang 1500ml 9 2350 21,150 55,550
Bon IV (Agen )
Aqua 1500ml 12 2250 27,000
Aqua 1500ml 5 2500 12,500 39,500
Bon V ( Apotik Rini)
Troches 1 340,000
Fludane 100 567 56,700
Neurodex 200 392 78,400
Nosib Zalf (obat gatal) 12 3000 36,000
Konicare Minyak Kayu Putih 12 8540 102,480
Oralit 150 422 63,300
Obh Combi Plus Yunior 6 8052 48,312 725,192
Total Pengeluaran 2,557,967
Penerimaan per 7 Feb 07 5,270,000
Pengeluaran Cipinang 2,557,967
Pengeluaran Ciledug 1,118,000 3,675,967
Saldo per 7 Feb 07 1,594,033
Pengeluaran 10 Feb 07
Arie 700,000
Wib 550,000 1,250,000
Saldo per 10 Feb 07 344,033
Penerimaan & Pengeluaran per Tanggal 10 Feb 07
Keterangan Unit Harga Jumlah Total Saldo
Terima dari Arie 550,000
Bon I (Pasar benhill)
Aqua 1500ml (5 lusin) 5 26,000 130,000
Daster u/ ibu-ibu 9 7,000 60,000
Softex 3 13,500 40,500 230,500
Bon II (AlfaMart Penjaringan)
Biskuit Marie 45gr 14 1,475 20,650
Biskuit Marie SS M 8 2,150 17,200
Indomilk Coklat 12 21 1,425 29,925
UHT Strawberry 19 1,375 26,125
Indomilk Coklat 12 1 1,425 1,425
Indomilk Kid FC 1 20 1,375 27,500 122,825
Bon III (Indomaret Pengadengan)
Indomilk Kids Strw125 33 1,450 47,850
Indomilk Kids cokl125 31 1,450 44,950
Indomilk Kids FCRM125 24 1,450 34,800 127,600
Total Pengeluaran 480,925
Saldo Baksos Tahap II per 10 Feb 07 di Wib 69,075

Maaf, baru dicicil sebagian.. nanti menyusul lagi.
karena masih ada uang yang masuk dan pengeluaran ciledug yang buktinya kmarin lupa dibawa Arie.

Makasih banyak

MPers Peduli Banjir

Baca message Network dari Arie, dan link dari jurnal mbak kosi sempat kontak dengan Arie hari sabtu jam 22.00,

Ternyata Arie sedang jalan membantu korban banjir bersama teman-temanya dari Kapa.

Hari ini 5 Februari 2007, jam 03.09, dapat sms dari Arie :

Wib, ge ama teman-teman Kapa udah dua hari ini di lapangan dan udah mulai kurang pasokan pangan, makanan bayi n pakaian jugga pembalut. Bisa tolong koordinasi mpers ngumpulin ga?
Trus dana baksos mpers direkening msh ada saldo 695rb, tolong mintain ijin dipaka buat beli makanan n keperluan lain ke Mpers bisa ga? gw ga bisa internet, semua down

Trus kalo bisa jg kumpulin dana lg. elo yg koordinir, catetin langsung dijurnal bisa ga, untuk setiap dana yang masuk?

Gw br mau tidur dulu, nanti jam 9 gw jalan lagi….

Nah Teman-teman MPers, berdasarkan sms tersebut ada beberapa hal yang aku mau sampaikan :

A. Mohon izin penggunaan dana dari MPers yang masih ada di Rekening Baksos untuk dibelikan barang-barang kebutuhan untuk korban banjir

B
. Jika ada teman-teman yang ingin turut membantu seperti biasa bisa menyalurkan

melalui Rekening dana baksos MPers:
1. Bank Mandiri Depok, No. 129-00-0496405-8, a/n Sri Sarining Diyah,
2. BCA Depok, No.421-232-6813, a/n Sri Sarining Diyah,
3. atau menggunakan Western Union / Moneygram, Sri Sarining Diyah, Jl. Raya
pulogebang No. 2, Jakarta 13950

C. Melalui Link Mbak Kosi di sini

D. Bagi yang ingin membantu dengan memberikan barang-barang seperti pakaian dan makanan silakan dikirim ke Posko MPers Peduli Banjir
Jl. Mesjid V, Pejompongan, dengan mas Mbong
bisa kontak beliau di nomor 0815.1443.1102

E. untuk daerah Cimanggis, bisa kontak (0815.8657.2179) dengan mbak Laura Khalida

Saat ini barang-barang yang dibutuhkan adalah Pembalut wanita, diapers & obat-obatan ringan serta selimut dan tentu saja air mineral.

Untuk tahap kedua, kami berencana untuk mendistribusikan barang hari sabtu,10 Feb
Packing akan dilakukan hari jumat sore atau sabtu pagi dan langsung menuju lokasi.
Hayo buat teman-teman, jika ada yang mau membantu.. kami akan senang sekali.

Jika teman-teman ada yang sudah transfer melalui rekening Baksos MPers, silahkan hubungi untuk konfirmasi :

* Ari: 0818-848499 or PM (dengan catatan rada lama dibukanya karena i-net nya lg down)
* Wib: 0219-3082-711 or 0816-102-974 & PM
* Puji : 0856.184.8640

Agar semuanya tercatat dan dapat disalurkan kepada yang membutuhkan.
Oh iya, dapat berita juga kalau mas Pras juga turut membantu melalui posko di XL, dan beliau sudah kontak Arie untuk turut mendistribusikan barang-barang yang ada disana.

Sebagian dana yang sudah masuk sudah dibelanjakan dan distribusikan
bisa lihat disini

Daftar Sumbangan yang sudah masuk
Nama Kota Jumlah Tanggal Bank
Saldo Baksos 695,000
CHV I Jakarta 500,000 4-Feb
CHV II Jakarta 500,000 4-Feb
CHV III Jakarta 1,000,000 4-Feb
WND Bandung 100,000 4-Feb Bca
SGT Jakarta 200,000 4-Feb
PJA Jakarta 100,000 4-Feb
MHR Jakarta 200,000 4-Feb
WWI Jakarta 225,000 4-Feb
TIA Jakarta 100,000 4-Feb Bca
NAN Jakarta 200,000 4-Feb Bca
IRW Jogja 100,000 4-Feb Bca
BOO Jakarta 450,000 6-Feb Bca
HST 50,000 7-Feb Bca
CHI 100,000 7-Feb Bca
TYB Jakarta 300,000 7-Feb Bca
NN 100,000 7-Feb Bca
Total 4,920,000


Terimakasih Banyak untuk partisipasinya

Salam
Wib

Bukan Surat Cinta…..

Yth bapak/ ibu Pengemudi Kendaraan Roda Dua, Roda Tiga, Roda Empatdan atau yang lebih dari itu

Saya tidak perlu meminta maaf terlebih dahulu untuk menulis surat ini dan saya bukan kurang kerjaan hingga mau repot-repot memberikan komentar tentang email yang beredar di milis tentang surat Cinta roda 2 kepada roda 4.

Sebenarnya kalau saling menyalahkan, mencari kesalahan orang lain, itu adalah hal yang paling mudah,
Tidak perlu lah kita saling sindir, saling tuding…
Lebih baik saling menghormati, berjalan pada jalur yang benar buat pengendara roda 4 paling tidak bisa meluruskan kendaraannya, agar roda dua bisa berada disisi kiri atau jalurnya, tetapi roda juga jangan main potong seenaknya, melawan arah atau nyelonong kearah pejalan kaki.

Apa masing-masing sudah koreksi diri dalam membawa kendaraannya  entah itu roda dua, tiga, empat atau beroda lebih banyak lagi.?
apakah sudah mematuhi aturan lalulintas dan berdisplin? Semua mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam berlalulintas. Saya tidak terlalu memikirkan entah itu parfum diroda 4 seharga 50 ribu atau lebih, dan deodorant pengendara roda dua hanya 5 ribu.

Saya Pribadi, sebagai pejalan kaki dan pengguna angkutan umum, (tidak mengatasnamakan para Pejalan kaki dan penumpang kendaraan umum)  sering merasa was-was kalau berjalan di Trotoar, karena pengendara roda dua sering nyelonong keatas trotoar, dan bahkan bisa lebih galak kalian, menyuruh untuk minggir.
Dan saya juga sering was-was kalau hendak menyeberang jalan, mungkin kalau saya menyeberang jalan yang ada JPO nya tidak terlalu khawatir, tetapi kalau menyeberang dijalan yang tidak ada JPO nya,
hampir semua pengemudi kendaraan beroda jarang memberi kesempatan untuk menyeberang.

Belum lagi kalau naik angkutan umum yang kondisinya memprihatinkan, dan jauh dari ideal.
Mari kita semua melihat dari semua sisi, jangan hanya dari sisi anda sebagai pengendara roda dua, roda tiga, empat atau kelebihan roda. Semua itu tidak perlu dikeluhkan, tidak perlu saling mencaci tetapi dicari jalan keluarnya.. salah satunya dengan cara berdisiplin diri.

Salam
Wib
Pejalan Kaki dan penumpang Angkutan Umum (M44)