Potret Hitam Putih Dunia Pendidikan

Baca kompas hari sabtu tentang sertifikasi bagi pengajar, aku jadi teringat pernah iseng ngobrol dengan salah seorang guru, aku bertanya, apakah beliau tidak ingin menjadi kepala sekolah atau
tingkatannya yang lebih tinggi seperti penilik sekolah.

Beliau berkata, “kamu itu ojo ngece aku. aku udah siapin semua syaratnya, hingga amplopnya.
ternyata gagal juga, ada yang ngasih lebih besar dalam amplopnya..ย Yo wes lah, ketimbang daftar terus dan gagal terus karena masalah amplop, ย lebih baik ga ikut trus dah kubeliin mobil.
pas kutanya emang berapa sih isi amplopnya, ย beliau bilang 50 juta.
50 juta dan gagal.

hemm, kalau orang mengeluarkan uang 50juta untuk “pelicin” tentu mengharapkan kembali.
bisa dihitung lah berapa gaji seorang kepala sekolah (tanpa mengecilkan artinya lho)
dan berapa lama uang tersebut akan kembali…

Yah, ternyata beginilah potret hitam putih dunia pendidikan di Indonesia..

Advertisements

18 comments on “Potret Hitam Putih Dunia Pendidikan

  1. Mas Eko : iya mas… sudah masuk kesemua lini (atau jangan2 aku juga pernah ya)Yudi : atau kita juga merupakan bagian dari hal itu yud?Ully : Ra pagu untuk ditiru ๐Ÿ˜€ (cari translater yaa :p)mas Heri : yang judule apa ya mas?Uut : mending buat nikahin anaknya :DKosi : sabar kosi….Mbak Ime : semoga bisa jadi ladang amal ya mbak…

  2. itu cuma masalah taktik mas, “…ada yg ngasih lebih besar dalam amplopnya”. sebenarnya si guru ini ngga perlu pake uang yg besar di amplop (baca: tumpukan tebal) tapi cukup dengan selembar cek kosong! cukup praktis, ringan, dan handlingnya pun enak. hanya perlu diselipkan sambil jabat tangan.dua bulan kemudian, dana BOS, dana pendidikan dari APBN, lalu subsidi dari kanan-kiri akan masuk ke kantongnya. Alhasil dia pun akan mudah membeli 2 mobil, meski kredit!:))

  3. Yudi : Alhamdulillah kalau gitu :)Titin : ya, memamng begitu kenyataannya kok :)Mbak Ime & Teh Puji… silakan silakan.. gpp kok :)Uut : Imut? ehmmmm ga percayaaaaa :pAby : kasih oli aja ya by.. biar licin… ๐Ÿ˜€ eh itu pelumas ya :DTofan : ide bagus boss… nanti ta’ kandani pak guru ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s