Banyak Kepala, banyak ribet euy

Kerja bareng… itu mah sebagian besar dari kita pasti pernah ngalamin,  entah kerja bareng team dikantor hingga kerja bareng team melalui komunitas.
Komunitasnya juga bisa macem-macem, ada komunitas dunia nyata,  misalnya komunitas anak band yang kumpul, kan kerjanya bareng tuh,  ada yg mukulin drum, ada yg nyeting senar, sampe urusan nyari colokan buat listrik. Kalo udah jadi kan bisa kedengeran musik yg enak minimal fals dikit, penonton maklum lah.

Nah, itu kan dunia nyata. kalau dunia maya bisa beda lagi.  Misalnya kumpulan orang-orang yang punya hobby sama,…  mau ngadain acara kopdar ya.. lumayan besar lah. yang datang diperkirakan 200 orang lebih, dari seantero pojok kubikel.
Ada yg dikubikelnya pakai ruangan ac yang isinya dia sendirian,  yang kubikelnya dipojok kamar depan jendela, sampe yang kubikelnya didalam kendaraan karena emang tuntutan kerjaan yang harus mondar-mandir n ngabisin waktunya dijalan.

Tentu aja prosesnya sedikit lebih rumit dari yang anak band tadi 
karena butuh koordinasi melalui jalur internet bikin postinganlah tentang hal tersebut… dibikin suatu panitia berdasarkan kesepakatan dan rasa sukarela. Selesai?

Ya belum lah, nah, panitia ini kan mulai bekerja ada yang bagian koar-koar kalo diwilayah demo biasa dibilang provokator, tapi kan ini dunia maya yang gimana gitu lho.. ya sebutannya jadi MC = Modele Cuap-cuap kesana kemari.
Ada yang bagian konsumsi = Koordinasi asupan makanan yang bergisi.
ada pula yang bagian bikin cinderamata, ya pokoke setelah acara kumpul2 ini
ada sesuatu kenangan, misalnya bikin pin atau topi (eh jangan topi, ntar itu dibilang ide aku) Kita ganti jadi jaket aja.

Semua panita terbentuk, berjalanlah prosesnya masing-masing. Tentu aja ada miting-miting kecil lah ya by inet lagi, kabel telepon, sms atau kafe….

Dalam kepanitian itu pasti terdiri dari kepala yang beda-beda. Ada yg rambutnya lurus, keriting kepang, ikel kayak kulit pisang ada kepompongnya, sampe yang ga berambut.
Terus ada yang warnanya item alami, item disemir pakai kiwi, sampe merah jagung kayak abis main layangan. Luarnya aja kan udah beda, apalgi pikiran-pikiran yang adi masing-masing orang udah pasti beda juga.

Nah, disinilah mulai berjalan kompromi-kompromi mulai dari tugas masing-masing yang paling enggak diatur jadwalnya biar ga bentrok dengan kerjaan utama.
Misale. kerjaannya sebagai pegawe, kan kagak mungkin sering bolos buat miting kopdar atau kalo kebetulan salah satu panitia koneksi inet nya sering dodol, ya paling enggak minta tolong ama yang lain yg koneksinya bagus buat liatin ada tambahan berita apa biar semuanya apdet..

Mungkin kalau dari awal udah dibikin perencanannya dengan mateng, tapi jangan terlalu mateng atau masih mentah, karena indomie aja kalo kematengan jadi mblenyek, kalo mentah juga bikin sakit perut.
Miting dadakan.. itu hal biasa, kalau dalam event udah mulai mendekati hari H
(ada yg tau knapa disebut hari H?)

tapi sekali lagi tapi… dilihat juga kesibukan masing-masing para anggota panitia..  Kali aja ada yang kerja sampe malam, atau ditahan ama si boss buat nyelesain report itu juga perlu dilihat, jadi seandainya ada yg ga bisa datang, ya harus dilihat apa alasannya, knapa ga bisa nya.
Jangan ujug2 nuduh sengaja menghindar tanggungjawab atau belum selese kerjaannya buat event, jadi ga berani muncul.

Trus, jadi yang ga datang miting sesuai kesepakatan bebas dari tanggungjawab?  ya enggak lah.. ini kan team.. harus bareng-bareng.
Paling enggak yang ga datang atau semua panita bisa ngasih tahu jadwal 3 bulan mendatang pada awal kepanitian terbentuk. Jadi kan bisa diliat mana yang kosong dan bisa dijadikan waktu buat ketemunya..  kalau yg ga bisa datang n alasannya ga masuk akal, kayak “wah, gwe mendadak disuruh nikah nih, atau gwe masih dii stasiun cirebon, 2 jam lg nyampe.. kalo gitu mah… sikat aja jack.

Nah, kalau masih ada yang senewen, sekarang semuanya berpikir terbalik. Seandainya yang modele cuap cuap tuker tempat jadi bagian ngumpulin asupan bergisi. Bagian yang bikin jaket tuker tempat ama ketua panitia. bisa terbayang gimana ribetnya tugasnya masing-masing. yang paling enak mah bertukar tempat dengan yang ga kerja 😀 (pentung aja kalo ada yang ga kerja)

Ya… namanya juga banyak kepala dalam satu team banyak pikiran yg berbeda,  yang ga bakal bisa disatuin. Mungkin bisa dibikin suatu kompromi untuk ngejalanin kesepakatan.
percayain tugasnya ama orang-orang ang udah bersedia megang bagiannya masing-masing. Ga perlu senewen, ga perlu misuh-misuh.
kalau sakit kepala, tensi naik, berobat ke dokter, banyak ruginya malah uang keluar oercuma, kerjaan jadi makin lama kelarnya..
So… keep cool maaannnnnn 😀

Advertisements

35 comments on “Banyak Kepala, banyak ribet euy

  1. bundaulum said: Ya..semoga ultahnya MP lancar N meriah ya….sayang daku gak bisa dtg neh 😀

    iya mbak.. semoga lancaraku juga ndak bisa datang mbak 😀

  2. peduli said: Itulah indahnya kerja dlm team, keikhlasan dan kesabaran kita benar2 diuji, tetep semangat ya 🙂

    Betul kosi, dan bisa mengetahui karakter team yang kerja bareng kita 😀

  3. wib711 said: bisa mengetahui karakter team yang kerja bareng kita 😀

    Nah, ini yg terpenting, dr situ kita bisa belajar banyak tentang karakter2 orang, sehingga di kemudian hari kita bisa lebih banyak memahami daripada menuntut, seru banged 🙂

  4. peduli said: Nah, ini yg terpenting, dr situ kita bisa belajar banyak tentang karakter2 orang, sehingga di kemudian hari kita bisa lebih banyak memahami daripada menuntut, seru banged 🙂

    huhhhuhu open mind.. open dompet duuhhh kok tipis hiiiiiiiiiii :Dom wib.. butuh duit om ..

  5. ghaya said: huhhhuhu open mind.. open dompet duuhhh kok tipis hiiiiiiiiiii :Dom wib.. butuh duit om ..

    tuh kan.. ada yg setuju ama open mind :D*sama.. lg tanggal tuwe nih… yg ada juga recehan :D*

  6. nenduts said: ah, masa kamu lupa waktu mau kopdar didanau UI pertama kali…suaraku kan lagi ilang 😀

    hehehe.. inget inget inget/…..suaranya jadi mendesah gitu campur ama kayak kecekek hehehe

  7. deeyand said: fuiiih.. selese juga baca… tumben panjang, bos 😀

    Lagi ngeluarin keribetan isi kepala…jadi, ya bisa panjang*ngerasa aneh sendiri*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s