[Iseng] Maksimum Security dan Pi

Nonton di Metro TV tentang Penjara di California dengan Super maximum security, dimana setiap jengkal tanah yang kosong harus hati-hati dan waspada, mulai dari dalam sel, kamar mandi hingga lapangan tempat berolahraga.
Aku jadi teringat dengan Pi (life of Pi) bersama dengan harimau bengali dalam sebuah perahu selama 227 hari.

Kalau dalam SMS di California, terjadi pengelompokan secara alami biasanya melalui pembentukan geng.  Diluar hari-hari didalam penjara, setiap harinya ada hari rekreasi bagi para tahanan
dimana mereka bisa menghirup udara segar dilapangan terbuka.
tapi ini pun ada batasannya, ga terlihat dan tertulis diantara mereka kalau ada yang melanggar batasan itu pasti akan terjadi perkelahian.

Di Life Of Pi diidalam perahu juga begitu, Pi dan Richard sang harimau 
membuat batasan area teritorial mereka masing-masing. Saling menghormati dan tidak menganggu, walau kadang terjadi sedikit konflik.

Dalam kehidupan, kita sebenarnya juga berpola seperti Pi dengan Richard atau seperti kelompok-kelompok dalam Penjara SMS tersebut. Bisa saja dalam pekerjaan atau dalam suatu aktivitas bersama.

Kita bisa saja ikut dalam suatu kelompok atau suatu aktivitas, tetapi
kita jangan melanggar daerah teritorial orang lain.
Ada batasan yang harus dimengerti oleh kita, bahwa orang lain punya peraturan yang
sudah mereka buat. Dan begitu pula sebaliknya
kita juga punya daerah teritorial yang ga mau orang lain ganggu, kita bisa memberikan sinyal untuk memberitahu bahwa kita punya batasan yang tidak mau dilanggar, entah itu awalnya dengan bahasa tubuh, bahasa tertulis hingga bahasa tangan.
Jadi, kemungkinannya kecil akan terjadi suatu konflik, jika saling menjaga daerah teritorial masing-masing dan hubungan yang telah terjalin akan berjalan dengan normal tanpa ada saling menghindar atau sakit hati.

Advertisements

7 comments on “[Iseng] Maksimum Security dan Pi

  1. biasanya batas teritorial itu dibuat dengan cara mengencinginya. *makanya, berhati-hatilah dengan batas teritorial, saat berdiri di depan urinoir, bareng-bareng. :))

  2. Mas Tian : itu yang kmaren kepikiran mas,… jadi pas didepan urinoir, jangan tengok kiri kanan.. bisa bahaya :pCak Nono : harimau cak, bukan macan.. :DBeauterfly : emang ada teritorial atau ada harimau? Zaza : Hayahhhh… iki genduk mo pipis kok bilang2 disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s