Mijon A?

Kalau ditanya tentang sukabumi, persepsi orang bermacam-macam, bisa Desi Ratnasari, bisa Moci, bisa Pelabuhan Ratu, Lido, Mega Mendung atau bahkan bisa pergaulan bebas (inget dari jurnal nya shanti yang ini :p)
Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi biasanya butuh 3 jam kalau naik kendaraan sendiri, kalau naik kendaraan umum bisa 4-5 jam kalau kena macet, apalagi jika perjalanan bersamaan dengan bubarnya pabrik dan angkot ngetem didaerah Cibadak.

Uniknya, kalau naik bus dari Jakarta, Uki, Karawang menuju Sukabumi tidak ada bis AC, semuanya bus ekonomi, Bus AC hanya tersedia untuk rute Bogor-Pelabuhan Ratu, Depok-Sukabumi dan Bandung-Sukabumi.

Seperti KRL ekonomi, sepanjang perjalanan akan disuguhi berbagai macam pedagang dan pengamen.
Jika sedang beruntung, pengamen yang yang akan dijumpai bisa berjumlah lebih dari 4 macam.
Yang pertama, seorang wanita dengan suara serak mempunyai rute paling panjang Jakarta-Bogor, dan lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu 80an, mulai dari Pance, Panbers dan Rinto.
Kedua dari Bogor-Cisaat, ini baru lagu-lagu yang ngetop sekarang, paling jadulnya Dewa, paling baru nya De masip.
ketiga, bapak2 yang dipanggil kang Cepot, bawainnya lagu-lagu pakai bahasa sunda pakai gitar kecil senar 4.
keempat, biasanya naik dari Parung Kuda-Cibadak, dan ini yang paling enggak banget, suara kemana, musik kemana.. Kacau deh.

Belum lengkap kalau tidak ada pedagang, produk yang dijual juga ga jauh beda dengan yang dijajakan di KRL Jakarta-Bogor mulai dari minuman, makanan, buah, hingga pernak-pernik seperti senter kecil.
Tapi, ada sedikit bedanya, kalau di bus, ada yang menjual Onde-onde, comro (Oncom di jero) dan misro (kumis di jero? :p) yang masih hangat.
Ternyata mereka memang dari warga sekitar yang membuat dan langsung menjual makanan tersebut.
Untuk pedagang buah, biasanya jeruk atau salak, pada saat dari Ciawi mereka naik dan menjajakanj ualannya dipaket, misalnya 10 ribu 15 buah jeruk, nanti setelah 15 menit buanhnya bisa bertambah mulai dari 20 hingga 25, dan pada saat hendak turun (pedagangnya sih bilang mau ngabisin)
10 ribu bisa dapat 40, jadi kalau mau dapat banyak, jangan terburu nafsu u/ membeli lebih awal (prinsip ekonomi lah)

Jadi, jika anda melakukan akan ke Sukabumi dengan Bus dari Jabodekabek, nikmatilah perjalanan tersebut dan temukan pengalaman yang unik dan menggelitik

Tarahu tarahu buat yang lapar.
Akua akua, akuanya A? prutang? Mijon juga ada….

*postingan maraton dalam rangka 4 tahun wib711.multiply.com

Advertisements

25 comments on “Mijon A?

  1. wib711 said: kalau naik bus dari Jakarta, Bogor, Depok, Karawang menuju Sukabumi tidak ada bis AC, semuanya bus ekonomi, Bus AC hanya tersedia untuk rute Depok-Pelabuhan Ratu atau Bandung-Sukabumi.

    koreksi wib. dari depok ke sukabumi sekarang sudah ada mgi AC. apalagi dari bogor ke sukabumi, banyaaak banget mgi AC. semuanya bus ukuran sedang (seukuran metro mini). malah aku baru tau, sekarang ada rute depok-pelabuhan ratu. ada juga bogor-pelabuhan ratu. akua, akua, akua. mijonna a! *oya, misro itu singkatan dari amis dijero (amis = manis, bhs sunda) πŸ˜›

  2. bundaelly said: srikandi bukannya ada di yogya, say? udah pindah ke sukabumi, kah? hihihi

    di mana2, mbak. bergantung siapa yg nyarihehehehe *ngasal*

  3. hahaha…lutju cekali! aku jadi inget perjalanan kali deres-anyer, weleh…amait-amait jabang bayai…tuh si pengamen bikin telingaku merah meronah!pengen kasih kuali eman-eman euy… :))))

  4. aku beli maswib aja deh… dijual tak ya… hahahha…emang sih, perjalanan di bis banyak disuguhi atraksi… pengamen, penyair, asongan….sagala aya…. ^_^

  5. jadi inget Neta waktu mau ngasih nama anak, gak mau mengandung huruf Z.soalnya orang sunda, misalnya nama Zahra ntar malah dipanggil Jahra ato malah jadi Ijah πŸ˜€

  6. wib711 said: Untuk pedagang buah, biasanya jeruk atau salak, pada saat dari Ciawi mereka naik dan menjajakanj ualannya dipaket, misalnya 10 ribu 15 buah jeruk, nanti setelah 15 menit buanhnya bisa bertambah mulai dari 20 hingga 25, dan pada saat hendak turun (pedagangnya sih bilang mau ngabisin)10 ribu bisa dapat 40, jadi kalau mau dapat banyak, jangan terburu nafsu u/ membeli lebih awal (prinsip ekonomi lah)

    wah, kayaknya udah ahli banget tuh nawarnya..;p

  7. hihihi nikmatnya naik kendaraan umum emang gitu. biar dikata empet2an ato panas klo naik yg nonAC, hiburannya banyak. ada aja polah manusianya.aku cinta kendaraan umum! *halah bilang aja elu kere ve! ga mampu beli kendaraan pribadi* πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s