Start to fade away


Start to fade away

Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir
Tak ijo royo royo
Tak sengguh temanten anyar
Tak sengguh temanten anyar

Bocaah angon bocah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotira
kanggo mbasuh dodotira

Dodotira dodotira kumintir bedah ing pinggir
Dondomono jrumatono kanggo sebo mengko sore
kanggo sebo mengko sore

Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
yok surak o surak hiyo

Jantungan

Belum lama waktu di asembaris, ada seorang supervisorku yang numpang ngecharge HP.
aku persilakan. Setelah itu dia naik ke lantai dua untuk berkumpul dengan habitatnya, mau
ngerjain kerjaannya. Bolak balik HP nya bunyi, dengan ringtone yang berbeda-beda.
Dipanggil-panggil ga turun juga orangnya, iseng ketika HP nya bunyi lagi, aku lihat
layarnya, nama yang muncul aneh Dedi Kumis.
Aku tersenyum aja ngeliatnya. pas bunyi lagi aku liat… nama yang muncul wiwik qualitatif

Emang sih, kalau ngasih nama di HP paling enggak sesuai dengan hal yang unik atau kita kenal misalnya Tity narsis Multiply, Epiq melow multiply yang menunjukan sifat dan komunitas yang diikuti.

tapi akhirnya akau terpikir, kalau aku disimpan didalam HP nya dia namanya apa ya?
karena makin penasaran, akhirnya aku coba telp.
Ga lama ringtonnya yang bernada cepet gitu, aku liat di layarnya kok bukan namaku yang muncul. Aku pikir itu orang lain yg telp n masuknya barengan.
Aku coba telp lagi… yang muncul nama itu lagi, jangan2 itu memang namaku *mulai curiga*

untuk meyakinkan aku telp sekali lagi.. ternyata beneran itu yang masuk panggilan dari aku.
Namaku cukup cantik juga disimpan di HP nya Mr Bikin Panik

Eh ga lama SPV ku turun, kebetulan banget, aku tanya apa boleh buat liat hp nya karena aku mau liat no HP SPV yang satu lagi n kebetulan aku ga punya.
Eh ternyata semua nama di HP nya kalau dari kantor
selalu ada embel-embel Riset, hanya aku yang namanya lain.

Akhirnya dia sadar, n sebelum ditanya langsung bilang :
“maaf ya mas, ku ngasih namanya mr bikin panik
, abis kalau telp suka bikin aku jantungan. nanyain progress, n waktunya ga kira-kira, ngasih batas waktu harus selesai juga ga kira2 sih..
makanya kalau mas telp, trus lakulama ngangkatnya, itu karena dis nyiapin diri dulu biar ga deg-degan dan malah bikin panik”

Waduh, baru tahu ternyata aku sangat bisa bikin panik orang lain..
*untungnya udah ga terlibat project lagi.. jadinya ga bikin orang lain sengsara*

*[pesan moral : ati-ati dengan nama dalam no HP, karena kalau orangnya bisa tahu bisa bikin ketawa atau bikin sakit……. mata (karena ngerasa salah baca)

Aku#Saya dan Foto

Sebagai pemilik blog (gratisan) dan mempunyai kontak, tentu harus siap jika ada postingan yang akan dikritik atau dipuji.
Dari 4 tahun perjalanan ngempih, sudah ada beberapa sentilan yang mampir kemata (karena reply, pm, ym dan sms) dan telinga karena dititipin pesan secara langsung tapi ga tega mau bilang lansung.

Hal itu tidak menjadi masalah, justru senang karena secara ga langsung orang lain atau kontak mengingatkan akan sesuatu hal yang kurang bagus atau berakibat ga bagus buat saya dan orang lain.

Dulu, pertamakali memang saya pernah diminta untuk mendelete sebuah foto awalnya saya marah besar, knapa sih? tapi akhirnya saya delete juga foto tersebut. dengan pertimbangan persahabatan itu lebih berarti dari foto yang saya posting.
Begitu juga dengan posting journal, ketika ada yang komplain, dan minta di delete untuk hal ini terus terang saja saya tidak bersedia karena yang saya tulis hal umum dan kebetulan ada yang tersentil.

Kalau para kontak saya mengamati postingan di blog ini, banyak yang sudah mulai berubah, saya dulu sering jahil dengan memasang foto-foto dari kontak dengan pose yang ga genah atau tulisan yang bikin orang lain merah kupingnya., tapi karena masukan-masukan itulah akhirnya saya mulai merubah sebagian isi postingan jika dirasa bakal membuat kuping merah dan saya pikir tetap harus posting saya mulai mempergunakan network atau contact only.
Mungkin bagi kontak-kontak yang baru satu tahun, tidak akan melihat perubahan tersebut.

Tentang foto terakhir yang diposting, saya juga mendapat pesan dari salah seorang kontak.
Saya sangat senang dan berterimakasih atas pesan tersebut, berarti menunjukan kalau kontak tersebut sangat peduli dengan postingan saya.
Saya lihat kembali foto tersebut, revisi tetapi tidak saya hapus albumnya.

Bagi saya yang suka asal memotret apapun dan dimanapun, ketika akan memposting
saya sudah memilih foto mana yang kira-kira akan menimbulkan efek ga bagus, tidak akan saya ambil.
dan mungkin dari sebuah foto ketika dilihat seratus orang yang berbeda, makan akan timbul 101 makna.
Jadi, silakan memaknai foto yang ada dengan interprestasi masing-masing.
ketika saya mengmabil foto, saya melihat dari sisi yang mungkin tidak anda lihat, begitu pula setelah anda melihat, mungkin saya luput dari sisi yang anda lihat.
Terakhir, saya sangat senang jika ada yang memberi masukan atau mengajak diskusi tentang hal tersebut,
apalagi saat ramadhan ini, mengajak diskusinya sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa, dan mengeMPih.

Bapak wartawan?

Minggu lalu, setelah dibajak seorang teman buat foto-foto di Ancol dan diskus rada lama dengan dua orang teman tentang do & dont dari bagian masing-masing sampai jam satu pagi. Pulang dari arah kuningan, setelah flyover kampung Melayu, aku belok kiri mau lewat Ngurah Rai, maklum kalau lewat duren sawit debu dari galian BKT bikin mata sepet.

Masuk bypass kearah kiri, sebelum bekas Kodim Jatinegara banyak motor yang berhenti dipinggir, lalu balik dan melawan arah.
Pikir ku itu paling anak-anak didaerah sekitar situ yang muter-muter karena ga pakai helm.
Aku lanjutin jalan aja, ternyata ada razia, aku lihat ada plang nya berarti ini razia resmi
Di stop juga ama bapak polisi, sesuai dengan standar kalo kena razia, aku matiin mesin terus kunci aku pegang
“selamat malam pak, boleh lihat surat-suratnya?” ini bahasa yang bener apa enggak ya?
kalau nanti dikasih surat keterangan kerja pasti dia marah, kalo dikasih surat izin cuti takutnya dia juga marah karena belum tentu bisa cuti sampe lebaran :d
Setelah putar tas digendongan belakang ke depan, aku cari dompet yang aku taruh
disana, ketika ngeluarin dompet, ternyata terjepit dibawah kamera yang otomatis kameranya aku angkat duluan, baru ambil dompet dan kasih STNK, sambil berusaha tenang karena kok SIM nya ga ada. Pak Polisinya ambil STNK terus nanya,
“wartawan ya pak
abis pulang dinas?” aku jawab aja iya.
Eh langsung aja STNK nya dibalikin ga pakai tanya SIM lagi, dan bilang
Terimakasih pak, selamat malam maaf udah menganggu perjalanannya.

Ya dengan senang hati aku ambil STNK, lalu pergi meninggalkan pak Polisi
diperjalanan baru inget, ternyata aku belum bikin SIM yang waktu itu hilang bareng ATM hehehe.
Sayang pak polisinya ga tau, aku itu cuma suka moto2 yang ga jelas. Syukurlah karena melihat kamera aku ga kena tilang 😀

Foto : Sumbernya antara Cekar, Ghaya, Mas Ciput atau teman MPers lain yang datang kebaksos di Cipayung dua tahun lalu kalo ga salah

Igh, Ibu kesel yaaaa

Kalau sabtu atau minggu mau jalan, aku lebih memilih naik angkutan umum dibanding naik motor, karena biasanya banyak cerita yang didapat, sekaligus menikmati perjalanan, dan menikmati kemacetan.

Minggu kemarin, aku ke bekasi nai mikrolet, didalam mikrolet bagian belakang ada 3 orang, dua orang ibu-ibu, satu anak muda dan aku.
Mau membaca buku, kayaknya ga mungkin, karenajalan KH Noer Ali, Kalimalang ke arah Mal Metroplitan sudah seperti jalan untuk offroad.

Akhirnya yang ada malah aku mendengarkan obrolan kedua ibu tersebut. Ternyata mereka berdua baru membesuk seseorang, dan sepertinya keduanya jengkel,
Percakapannya yang aku tangkap seperti ini :
Udah kita jauh-jauh buat besuk… eh ga dikasih masuk.
Gimana sih keluarganya, ga hargai banget.
Iya, emang bekasi-cipto dikira deket…

Masih banyak lagi rasa kesal dan kecewa yang mereka ungkapkan. Aduh ibu, ibu ga ikhlas ya besuk nya. Mungkin saja pasien sedang butuh berisirahat, jadi tidak bisa ditemui. Atau kan bisa juga cari informasi dulu ke pihak keluarganya, ga ada salahnya kan.
Dan jika mau membawa sesuatu juga dilihat kondisi pasien, apakah boleh menerima tentengan yang dibawa, kalau misalnya sakitnya diabet, ya jangan dibawain coklat, mendingan coklatnya untuk aku aja 😀

Memang terkadang, kita langsung “menghitung” apa yang telah kita keluarkan yang telah kita lakukan, tanpa melihat bagaimana keadaan dipihak lain.

Buaya di kadalin? mana kenaaa

Mungkin pernah denger istilah buaya dikadalin… mana mempan?
kalau ini sih saling kadal-mengkadali dengan teman-teman kuliah

Semasa kuliah, aku dan 1o orang temanku dijuluki teman-teman yang lain geng kambing, karena tiap tahun pas Qurban jualan kambing.
tapi kita kompak dan ngerasa cocok satu dengan lainnya, bahkan ada satu persamaan yaitu jahil alias suka isening satu dengan lainnya.
Pas masa bikin skripsi kita suka inap di tempat salah seorang teman yang dekat kampus, biar gampang nguber dosen n kbetulan teman tersebut juga punya kompi n printer yang mumpuni (maklum jaman dulu yang lain paling banter printernya epson LX 300 yang brisiknya bisa bangunin orang satu RT)

Kalau lagi kumat isengnya, ketika ada yang bikin kopi, pas ditinggal kopinya dicampur garam; kaos kaki yang berwarna sama
disepatu ditukar, ngerjain teman yang pemalu dengan memberi salam pada teman wanita yang bikin panas dingin teman kita (alhamdulillah mereka akhirnya nikah), ngumpetin sepatu pas udah mepet mau kuliah atau nuker2 isi tas (untungnya kita satu kelas)
Aku sendiri pernah di jahilin, kunci motor diumpetin, dicari2 ga ktemu.. sedangkan yang lain udah berangkat kekampus.
Akhirnya nemuin tulisan dari temanku itu kalau kuncinya ditaruh digantunan baju didalam kamar.
Muter2 cari ga ktemu juga kuncinya, pas akhirnya pasrah mau ninggalin motor, ada telp dari adek temanku ngasih tahu kalau kuncinya digantungan baju didalam kamar, tapi didalam kamar dia, untung aja dia ga ada sedang inap dirumah yang satunya.
nggilani, masuk kamar cewek ngaduk2 baju cuma untuk cari kunci. Pas sampai kampus, mereka pada cekikikan. dasar jail.

Terakhir, pas lagi inap juga rencananya subu-subuh mau kerumah teman didepok, daerah studio alam, aku tidur duluan, sementara yang lain main PS -maklum aku ga hobby PS- hobinya makan siy :p
Jam 2.30 aku terbangun, teman2ku udah pada tepar, akhirnya iseng mau ngerjain semuanya.
Aku majuin jam dinding serta jam tangan yang mereka taruh jadi jam setengah lima.
Abis itu, pas jam setengah 5 (waktu yang udah dicepatin 2 jam) aku bangunin mereka n bilang udah jam setengah 5, mandi dulan gih..
Akhirnya mereka sambil terkantuk-kantuk bilang kayaknya baru sebentar tidur udah subuh aja, aku bilang tuh liat aja jam.. mereka percaya dan pada antri mandi abis itu pada nunggu subuh,.
Akhirnya mereka sadar dikerjain karena udah jam 5 lewat ga ada adzan subuh.
Gantian aku yang cekikikan… Untunglah mereka ga marah cuma misuh-misuh karena harus mandi jam 3 pagi 😀

[iseng] Betul ga niy?

dapat email dari Milys kalajengking
Buat para bapak yang akan mengantar istrinya belanja, emang bener ya kejadian gini hehehehe

Tips mengantar perempuan berbelanja

1. Jangan pernah mengatakan, “Lho, bajunya kan masih banyak!”, terutama dlm konteks pakaian pesta. Ketahuilah, seorang perempuan nggak mungkin mengenakan baju yg sama ber – ulang2 ke pesta2 yg dihadiri oleh satu komunitas tertentu. Misalnya kalau satu baju sudah dipakai ke pernikahan teman kantor, baju itu nggak bisa dipakai ke acara teman kantor lagi.

2. Menyarankan berbelanja barang yg lebih murah bisa berakibat Anda harus menemani ke ITC dan sejenisnya. Ini jauh lebih melelahkan. Jadi pertimbangkan mana yg lebih menguntungkan: mahal & nyaman di mal atau murah & lelah di ITC.

3. There’s no such thing as a pattern dlm mengunjungi toko/counter.
Bisa linear, bisa acak sampai2 kalau ditarik garis akan menyerupai benang kusut.
Siapkan kompas dan/atau peta gedung bila perlu, agar nggak kesulitan mencari pintu keluar.

4. Selisih harga Rp.2500,- adalah alasan yg sangat valid utk kembali ke toko pertama. Anda sebagai pengantar, harus siap menjawab dimana lokasi toko pertama tsb.

5.”Cuma lihat2 saja” seharusnya diartikan sebagai, “Cuma lihat2 saja, lalu dicoba sebentar, kemudian dibayar”. Jangan pernah tertipu, apalagi jika Anda berprofesi sebagai penyandang dana.

6. Jangan terkecoh dgn tujuan berbelanja. Niat membeli satu kemeja berarti akan membawa pulang setidaknya satu barang lain. Kemejanya? Bisa jadi beli juga, tapi seringkali nggak.

7. Ingat bahwa sepatu baru memerlukan tas baru yg cocok dan viceversa. Bahkan style nabrak pun harus dirancang, seberapa nabrak ..

8. Pertanyaan “Bagus nggak?” harus dijawab dgn tepat. Disini diperlukan kemampuan membaca pikiran, karena jawaban “Nggak” ketika sang pembelanja sangat menginginkan barang tsb, bisa fatal akibatnya. Jangan sekali2 menjawab dgn “Nggak tau”, apalagi asal jawab biar cepat pulang.

9. Pertanyaan “Aku pantas nggak pakai ini?” bisa diikuti dgn pertanyaan yg paling sulit dijawab di jagat raya: “Kenapa, aku gemuk ya?”. Bersiap2lah dgn jawaban terbaik.

10. Persiapkan stamina sebaik2nya. Pembelanja bisa tidur lelap dlm perjalanan pulang karena kelelahan dan puas , sementara Anda masih harus menyetir mobil menembus kemacetan.

Mau berbagi?

Saat ramadhan ini banyak sekali kegiatan Bakti Sosial yang diadakan, mulai dari lembaga
atau perorangan yang berkumpul dalam suatu komunitas seperti Multiply.

Ini aku link dari beberapa jurnal yang ada, siapa tahu pada bisa bisa bergabung untuk semakin lebih banyak melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat

1. Untuk MPers Jakarta ada kegiatan yang dilakukan oleh kosi dan teman-teman – peduli.multiply.com

Assalaamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh,

Dear Netters yang dirahmati Allah SWT…
Tak terasa, bulan mulia…Ramadhan 1429 H telah datang di ambang pintu. Semoga kita semua diberi kekuatan, kesehatan sehingga bisa mengisinya dengan ibadah dan amal yang maksimal, amiin…
Dengan ini saya ingin menginformasikan beberapa kegiatan yang mudah – mudahan bisa menjadi ladang amal buat kita semua. InsyaAllah saya dan beberapa rekan di bulan Ramadhan nanti ingin mengadakan kegitan, antara lain :

1. Buka Puasa Bersama dengan Keluarga Pasien Kelas 3 di RSCM dan RS Pasar Rebo. Kegiatan ini insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 5, 12, 19 dan 26 September 2008.
2. Buka Puasa Bersama Tukang Ojeg dan Pembagian Paket Sembako Gratis di wilayah Pasar Rebo – Jakarta Timur, yang insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 20 September 2008
3. Pengumpulan dan penyaluran Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) serta Fidyah selama bulan Ramadhan 1429 H. Dalam hal ini, kami berada di bawah naungan Yayasan Inti Sejahtera. Akte Notaris : Jhon Edy Rahman, SH. Mkn No 5 Tanggal 13 Juni 2007.
4. InsyaAllah menyusul beberapa kegiatan sosial lainnya
Read More >>

2. Ada juga yang dilakukan oleh mbak Indah – indahjuli.multiply.com bersama team dari KGB

Yup..masuk bulan Ramadhan tuh waktunya beramal. Bukan berarti kalau di luar bulan Ramadhan kita gak perlu beramal tapi rasanya, bagi kami yang beragama Islam, lebih nendang aja kalau kita melakukan amal di bulan suci bagi umat muslim ini.
InsyaAllah kami bakal melakukan bakti sosial khas KGB di Panti Asuhan Khairunnisa. Lokasinya di Jl. Sawo, kawasan Manggarai. Ini Manggarai yang di Jakarta Selatan lho ya. Bukan Kabupaten Manggarai di NTT sana. Kalau yang di NTT kejauhan lah.

Apa sih kekhasan KGB kalau bikin bakti sosial? Karena ini pertama kalinya kami mengadakan baksos, ya sudah pasti bakal khas.
Read More >>

3. Baksos dalam bentuk lain oleh sekolah kehidupan -sekolahkehidupan.multiply.com- yang mencakup jabodetabek dan luar kota
Assalamu’alaikum wr.wb
Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah, anggota komunitas SekolahKehidupan.com, Asma Nadia dan Ust. Yusuf Mansur menyatakan kepedulian sosial dengan berbagi cinta untuk sesama.

BENTUK KEGIATAN
1. Menampung sumbangan atau donasi dari seluruh anggota komunitas Sekolah Kehidupan.com, komunitas-komunitas lain, dan masyarakat luas
2. Menyalurkan sumbangan atau donasi pada mushalla-mushalla di tempat umum/publik. Tempat umum/publik yang dimaksud adalah mushalla di terminal, stasiun, pom bensin, dan tempat umum lain yang dinilai tak lagi memiliki perlengkapan shalat atau Al Qur’an yang layak pakai.
3. Ifthor jama’i dan nonton bareng film “Sang Murobbi”

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN:

Tanggal 6 September 2008 s/d 14 September 2008 serentak di wilayah-wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogya, Surabaya, dan Kaltim
Read More >>

4. Kalau sedang diseputaran Bandung, silakan ikutan MPers Bandung kontak aja Neng Winda -windageulis.multiply.com-

Assalamulaiakum Wr. Wb, Dear MPers….

Bulan ramadhan, bulan yang lebih baik dari bulan lainnya telah datang. Semoga bulan suci ini membawa kebaikan yang tak terhingga, kebahagiaan dan kedamaian bagi kita semua. Akan tetapi pada kenyataannya masih ada sebagian umat muslim yang masih belum mendapatkan kebahagiaan sejati. Masih harus berjuang demi menyambung hidup, masih harus berkutat dengan kata kekurangan bahkan kemiskinan.

Bulan ramadhan adalah bulan penuh pahala. Maka dari itu, bulan ramadhan adalah bulan yang tepat untuk berbagi sebanyakdan semampunya kepada sesama. Dan setelah melalui pembicaraan dengan beberapa rekan MPers yang berdomisili di Bandung, Insya Allah akan diadakan acara baksos ramadhan yang akan diselenggarakan pada :

Hari / tanggal : Sabtu, 20 September 2008
Waktu : 15.30 – 19.00 WIB
Tempat : Panti Sosial Asuhan Anak dan Tresna Werdha, Yayasan Bhakti Pertiwi
Jalan Laswi, Kelurahan Manggahang, Bale Endah, Kab. Bandung
Read More >>


5. ada juga yang diadain ama eda Elly, mas Isti dan teman-teman -bundaelly.multiply.com- yuliarso.multiply.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berkenaan dengan akan diselenggarakannya MGTC (MP-ers Goes To Cideng)
yang akan diadakan pada:
Hari/Tgl : Sabtu, 13 September 2008
Pukul: 15.30 – 18.30
Tempat : SD Juara, Cideng, Jakarta Pusat
Acara :
1. Games
2. Mendongeng
3. Pembagian Bingkisan Lebaran
4. Buka Puasa Bersama

Read More >>

Dan sepertinya masih banyak lagi… Mari.. mari…. ikutan acara tersebut, bagi yang mau ikutan semuanya bisa kok, karena tanggalnya berbeda-beda…