Korupsi berjamaah? ternyata betulan ada

Setelah keluar bekerja sebagai koki dari tempat lama, saya diajak boss untuk membantu project-nya didaerah pinggiran Jakarta, dua jam perjalanan kalau dari Jakarta naik kendaraan umum.

Project yang saya dan team kerjakan bersama dengan boss salah satunya berhubungan dengan pemerintahan dearah.
Didaerah ini team kami berbagi area pekerjaan dengan dua konsultan lain yang sama-sama berasal dari jakarta.

Minta Kue
Sebelum berjalan, kami diajak meeting oleh bumn yang memberi pekerjaan tentang gambaran area yang akan kami jalani, karena area yang akan kami jalankan itu terkenal sebagai daerah (kabupaten) terkorup No.2
(ditempat sebelumnya menghadapi kasus korup, disini akan menghadapi kasus serupa J)

Disitu kami bertiga sepakat akan bersatu menghadapi pemerintahan daerah, karena tanpa tedeng aling-aling mereka minta bagian dari setiap data yang didapat untuk dibagikan ke setiap level pemerintahan dari pemda hingga ke pemerintahan terkecil yaitu RT. Sedangkan data dari salah satu konsultan saja bisa berkisar 70 ribu data, kisaran bagian itu mereka minta cuma 2750perak/data.. yaaaa… totalnya diitung sendiri deh, lumayan juga kalo dibeliin kerupuk dan dibagiin ke orang satu jakarta.

Menguliti
Ketika kami melakukan pencarian data ke masing-masing area , ternyata semua pihak pemerintahan hingga yang terkecil telah mendapat ”petunjuk” akan ada pendataan dan masing-masing akan mendapat bagian sekian rupiah dikalikan jumlah data yang didapat.
Minggu kemarin pihak bumn dan konsultan dipanggil oleh pemda dan dewan setempat untuk mengadakan ”dengar pendapat” dimana didalam forum tersebut pihak pemda yang terkait urusan ”perekonomian” menyebutkan nilai kontrak antara bumn dengan konsultan dan tentu saja disambut baik oleh anggota dewan dengan meminta perincian nilai kontrak, untung saja pihak bumn tidak bersedia memberikan data tersebut, karena itu bersifat rahasia antara konsultan dan bumn kalau dewan meminta perinciannya dipersilakan dengan membuat permintaan secara tertulis (bagi saya jika itu dilakukan oleh anggiota dewan adalah suatu kebodohan, karena yang bisa meminta kontrak tersebut hanya kpk)

Akhirnya forum macet, karena pihak pemda tetap berkeras meminta bagian kue (mereka bilang : ada orang dari Jakarta bawa-bawa kue, masa kami ga kebagian kuenya)
Sungguh suatu ”keterbukaan”.

Sing goblok iku sopo?
Saya penasaran kenapa orang pemda bisa menyebutkan nilai kontrak, saya tanya ke boss katanya pihak konsultan yang baru masuk yang membocorkan, tetapi terus terang saya ga percaya begitu saja, saya mencari informasi bersama para teman-teman, dan ternyata memang ada salah satu konsultan yang memberikan fotokopi kontrak itu kepada pihak pemda, team kami dibeberapa area ditunjukan fotokopi kontrak yang beredar tersebut (jelas aja itu salah masa perjanjian antara konsultan dengan bumn diberikan secara sukarela kepada pihak ketiga, orang kok ga tau etika berbisnis –saya juga ga tau etika sebenernya tapi sedikitnya mengerti tentang hal yang patu atau tidak patut dikerjakan dalam pekerjaan-)

Ketika dikonfirmasi ke konsultan tersebut, pihak yang mewakili mengelak bahkan menuduh pihak konsultan yang baru yang melakukan, untungnya wakil dari pihak bumn telah melakukan investigasi dan mendapatkan bukti kalau bukan konsultan baru yang melakukannya, dan diminta mengaku saja daripada bikin malu.

Akhirnya meluncurlah pengakuan tersebut dari pihak yang memberikan kopian tersebut, gamblesi.. ternyata yang membocorkan itu dari pihak dimana aku pernah bekerja sebelumnya (bikin malu aja dan bikin susah yang lain)

Hari gini kok masih mau jadi goblok dan mangan sandal pula.

*daerah jawabarat, awal desember 08

Advertisements

25 comments on “Korupsi berjamaah? ternyata betulan ada

  1. wib711 said: Hari gini kok masih mau jadi goblok dan mangan sandal pula

    mungkin udah ga ada yg dimakan, makanya makan sandal..:Dkorupsinya berjama’ah…supaya dapetnya lebih gedeeeee & banyakkkk….sholat jama’ah aja pahalanya lebih gede ketimbang sendiri kok ..:D*oalah…oalah…., ada… aja tingkah orang*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s