Trip To Sabang


Trip to Sabang

Dari tahun 2006 pengen banget ke Nol Kilometer….. apalagi ketika teman-teman kalajengking road to sumatera…
Akhirnya kemarin, tercapai juga ke Sabang walau ga naik kalajengking.
Bagi yang senang wisata pantai, sabang adalah salah satu tempat yang cocok dikunjungi.
Selain bisa buat berenang, snorkling n cuma leyeh-leyeh nunggu sunset sambil
minum kopi aceh plus pisang goreng (boong deng… pisang gorengnya ga ada) pisang
gorengnya diganti pia kacang coklat yang ga kalah yummy dibanding bakpia pathuk.

Kalau berangkat dari Jakarta, cari aja tiket termurah tujuan Medan, kemarin saya sih waktu ke medan dapat harga ga terlalu mahal, apalagi kalau rajin ngikutin promo dari Aer Asiah… πŸ˜€
Enaknya berangkat pagi dari Jakarta, ke kota dulu ke Mesjid Raya, istana Maimoon, wisata kuliner dolo cari rujak didaerah Jodoh, atau cari mie aceh kepiting didaerah Padang Bulan lalu malamnya dari medan naik bis ke Banda Aceh, dari banda nyeberang bisa naik kapal cepat atau feri biasa.

Kalau naik kapal cepat waktu tempuh sekitar 45 menit, kalau KMP sekitar 2 jam.
Kebetulan kemarin ketika berangkat ke Sabang saya naik KMP yag kelas bisnis karena kehabisan kelas ekonomi.
Lumayan bagus kapalnya karena KMP hasil dari BRR, disitu karena kondisi ga fit, saya memilih tidur dibanding berada diluar.

Sedangkan ketika kembali dari Sabang ke Banda, saya naik kapal cepat, ambil yang kelas ekonomi saja.. karena toh waktunya juga cepat.
Untuk KMP dan Kapal Cepat ada jadwal tertentu, dari Pelabuhan Ulle Lhuee kalau pagi jam 08.00, kalau sore jam 16.00.
Kalau KMP tidak setiap hari melakukan pelayaran, cuma hari Kamis-Minggu, tapi untuk kapal cepat setiap hari melakukan pelayaran.

Setelah sampai di sabang, langsung menuju gapang yaitu tempat penginapan yang
ratenya mulai dari Rp.100.000 s/d Rp 600.000
Untuk menuju gapang, memerlukan waktu sekitar 40menit dengan mobil carteran.
Carteran nya sangat unik, misalkan kita 3 orang mencarter sampai gapang, nah ditengah perjalanan kalau ada penumpang lain maka mereka juga diangkut. Sejenis Taksi di Batam lah, tapi armadanya Kijang dan L300.
Tapi jika dicarter secara full, tentu harganya lebih mahal karena mereka tidak mengangkut penumpang lain.

Kebetulan saya pergi sore hari, jadi ketika sampai gapang, cari penginapan langsung tidur, besok paginya jalan-jalan ke Pantai, karena cuma bawa satu pakaian ganti, saya memutuskan tidak jadi snorkling. (hanya Yudimuslim & bundaelly yang berenang dan snorkling)

Setelah itu, barulah memutari Sabang dengan mobil carteran yang sudah janji terlebih dahulu, mulai dari Tugu Nol Kilometer bisa langsung melihat lautan lepas dan siamang yang masih suka muncul dijalan,


Sabang… Laut Lepas Nol Km

Iboih yang merupakan satu kelurahan dan lautnya yang sangat bersih dan bening,

dari sini bisa juga ke pulau Rabiah untuk sekedar mengitari atau mandi.

Iboih

Lanjut ke Paradiso, ini kayak pantai losari di makassar, tapi ada tempat untuk duduk, n yang jualan makanan tapi hanya sore, selain itu ya bawa makanan n minuman sendiri ajah kalau ga mau kelaparan.
Perjalanan lanjut ke Sumur Tiga, pemandangannya okeh…. tempatnya sepiiiii…. ada tempat yang lumayan beken disini yaitu Freddy (penginapan & tempat makan)



Rute terakhir adalah ke Anoi Itam, dimana masih ada benteng jepang yang tersisa dan baru dipugar


Oh iya, kalau untuk tawar menawar dengan carteran di usahakan ada yang bisa berbahasa aceh, agar komunikasi lancar n ga merasa tertipu :))
Tapi kalau untuk penginapan di Gapang, dibagian depan ada bungalow-bungalow yang sudah memasang tarif jadi tidak perlu tawar menawar Untuk 2 kamar, sewanya Rp 350.000, tapi kalau berjalan kearah lebih belakang kearah pantai, akan ditemui penginapan seharga Rp 100.000, kamar mandi didalam, satu ruangan ukuran 4X4m
dan teras 1X4m lumayan buat bengong-bengong sambil dengerin suara ombak.


Anoi Itam

Perkiraan Budget kalau dari Jakarta sbb :
1. Tiket Pesawat Jakarta-Medan (tergantung mo naik apa atau ikutan promo atau enggak) kemarin dapat Rp 420.000
2. Taksi Bandara-Kota Rp 65.000 (ber-3/ber-4)
3. Angkot dari kota ke pool bis 2 kali @ Rp 3.000= Rp 6.000
alternatif lain naik betor Rp 25.000
4. Bis Medan-Banda Aceh (pilih pelangi atau kurnia) Rp 110.000 – Rp 130.000
5. Terminal – ke pelabuhan Ulle lhuee (betor) Rp 25.000 (ber 3)
6. Tiket KMP bisnis Rp 27.000
7. Pelabuhan Sabang-Gapang per orang Rp 50.000 (kalau ber-3 atau ber 4 bisa Rp 40.000/orang)
8. Sewa mobil muter ke 5 titik di sabang/hari p 250.000 (plus ngajak makan supir n kenek)
9. Penginapan mumer buat ber-3 atau ber-4 Rp 120.000
10. Sarapan…. ngupi-ngupi Rp Tergantung selera
11. Tiket Kapal cepat kelas Ekonomi Rp 60.000
12. Tiket Banda Aceh – Medan Rp 110.000

Jika mempunyai waktu yang lama (dan ada dana), perjalanan pulang bisa melalui darat, dari medan ke Pematang Siantar, Parapat, Riau, PadangPalembang, Lampung….
Ada yang tertarik melakukan backpacking dari Sabang sampai Lampung? yukkkkk……

Advertisements

28 comments on “Trip To Sabang

  1. koreksi : kmp bisnis = 26.000 :Dyang no tujuh itu sebenarnya tarif yang sudah fixed mas..yaitu 50.rb..tapi berhubung dia jadi “ilegal” kita bisa dapat harga miring πŸ˜€

  2. @mbak Inna : aman kok… Patas mbak, dari medan ga berhenti.. nonstop, sebelum berangkat cari makanan dulu.. jadi ga usah khawatir :)@yudi : ok.. makasih juga udah jadi guide dadakan kmaren… πŸ™‚

  3. @kak rahmah : ya kalau nikah kan bisa balik ke sumatera kak :)atau mau ambil vuti kuliah n tour sumatera bareng aku n yang lain? kali aja pada minat.. kan seru rame2 :DIya kak, masih nih… diperpanjang sampai september kayaknya πŸ™‚

  4. @Lancang Kuning : lho…. orang Riau masa belum kliling Sumatera>?@Mona : sesuai dengan orangnya lah….. ada… geser dikit aja, pasti sampai parangtritis πŸ˜€

  5. Sabang lampung?Wah eta mah rute supir als 2 tahun lalu tuh, wkwkwkwkkkkk…Saah ding, supir sampagul…Sampe kudu kena tanah longsor di siguragura…Wah, jadi pengen cross road jawa sumatra lagi deh ni…hiks

  6. mas wibi….kalo aku mah kebalikan tuh…pengennya backpacking dari Lampung sampai titik nol kilometer…..soalnya kalo di sumatera setau gue makin ke utara semakin bagus…hehehehekapan yuk mas….ide gila ini udah ada di otak gue dari awal taun…tp blm kesampean…biasa..urusan klise…duiittt, hehehehe

  7. @mbak Yusi : iya mbak…. bagus..@cak Nono : ya begitulah cak… sama2 terperangkap niy@Isti : lho… katanya lagi ke Batam? piye tho?@Yudi : liat nanti yud…@Arie : yuk.. beneran mau.. seru kali nih….@bang Ali : jadi bang… tapi target pertama closing kerjaan ama nyiapin buat yg baru… :)@Eca : yah caa…. sayang banget…. seru lho ca..@mbak Eti : masih banyak yg bagus2 mbak.. tpi masih di usb.. blm diutak atik :D@Sinta : ya bulan madu kesitulah bu….@obby : itu ari mo kek nya… aku juga mau lagi.. :D@kk iman : pssttt yang banyak dede manis itu di banda aceh, bukan di sabang :p@wiku : iya.. kangen nyeker, tapi salah rute mobil…. sama2 sabang sih namanya :p@kak arni : makassar ga kalah bagus kak :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s