Mirip?

Sebuah sms masuk dari seorang teman lama
“Sekolah Ais hari ini didatangi polisi diduga ada anggota teroris mengajar disana, kamu masih di Medan? udah cukur jenggot belum?”
terus terang saya tersenyum membaca sms tersebut, tersenyum miris tepatnya.
Sebuah pemikiran yang konyol kalau menyamaratakan persepsi bahwa semua semua teroris itu berjenggot.

Pun saya mengalami hal dicurigai ini kembali, waktu pertama kali mengalami dijurnal ini, saya akhirnya memang sengaja membuat kecurigaan itu timbul, sekedar eksperimen.
Tapi saat kedua kali mengalaminya, saya merasakan hal yang ga benar, mungkin ini adalah pembentukan opini dan persepsi yang akhirnya ditelan mentah-mentah oleh awam.

Kejadiannya pada saat saya akan mengambil uang di atm BXX, kalau yang pernah ke atm BXX dan punya kelebihan waktu buat memperhatikan dan membaca hal-hal kecil pasti pernah menemukan tulisan yang meminta untuk membuka helm, topi dan kacamata hitam.

Nah, ketika saya masuk ke atm yang berada disebuah ruko dan kebetulan juga merupakan kantor cabang pembantu pada hari minggu,
Securitynya meminta saya untuk membuka topi, saya memang lupa, biasanya saya selalu membuka topi jika ke atm. saya buka topi saya lalu masuk kedalam, ternyata securitynya mengikuti, dan memperhatikan wajah saya dari samping, saya begeser memunggunginya, dan rupanya dia merasa kesal, ketika selesai bertransaksi, saya langsung memakai topi saya
dan dipintu keluar dia memperhatikan wajah saya dan dibandingkan dengan wajah yang berada diposter tertempel dipintu masuk.

Saya jengkel, saya dekatkan wajah saya ke wajah security tersebut, saya buka Topi saya kembali, saya buka kacamata saya lalu bilang “PUAS”?
Security itu hanya diam dengan muka kecut, toh pada saat yang bersamaan ada juga seorang lelaki muda yang masuk
tapi karena tidak berjenggot dan berambut gondrong, pihak security hanya melihat sekilas.

Saya sebenarnya ingat dengan jurnal dari MPnya (rip) kang Deni Baonk bagaimana tentang keadaan yang sebenarnya tentang security,
itu memang salah satu tanggung jawabnya untuk mengawasi hal-hal yang mencurigakan, tapi kalau caranya begitu, saya punya pikiran jelek apakah waktu ditraining kurang diberi penjelasan, ataukah memang itu SOP nya untuk memperhatikan orang yang dicurigai dengan cara yang konyol dan bikin ga nyaman nasabah.

Tapi ada peluang tuh buat orang yang bergerak dalam bidang pelatihan buat menghadapi customer, masukin aja proposalnya siapa tahu bisa gol dan jadi bisnis, lumayan kan.

Curiga boleh.. tapi menyikapi dengan over adalah hal yang konyol….

Advertisements

12 comments on “Mirip?

  1. wib711 said: Saya jengkel, saya dekatkan wajah saya ke wajah security tersebut, saya buka Topi saya kembali, saya buka kacamata saya lalu bilang “PUAS”?

    wkwkkwkkw….berita2 dimedia ikut adil dalam generalisasi kayak gini mas.

  2. bagaimana dengan pemeriksaan tas di mall yg pilih kasihsaat aku ke mall bawa anak, lewat aja gak diperiksa, giliran dateng lagi sendirian pake’ sendal gunung, bawa ransel, eh disuruh buka2 lama banget diperiksain :-Ppadahal siapa tahu pas bawa anak justru bawa bom, anak cuma buat tameng ?

  3. hi hi hi…. ngebayangin nya lucu juga.Persepsi yg salah tentang masuk Mall.Kalo saya dalam keadaan dandan (cantik, keren, hak tinggi berkesan high class dengan menenteng tas guede tapi bermerek Yuhhuuuu……) Security langsung membuka pintu tanpa memeriksa tas saya yg segede gajah.Dalam situasi lain, saya datang dengan jeans + tas tangan yg sedang (ukuran 1/3 dari tas yg bermerek itu) security dengan sopan meminta saya untuk membuka tas dan memeriksa isinya.HALAH……. CAPE DEH!

  4. wib711 said: saya dekatkan wajah saya ke wajah security tersebut, saya buka Topi saya kembali, saya buka kacamata saya lalu bilang “PUAS”?

    bacanya PUAAAAAASSSSSSSSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s