Korupsi Logika

Pernah nonton sinetron kan? saya yakin sebagian besar pernah nonton walau itu cuma sedikit-sedikit.
Saya sendiripun juga pernah menonton, itu waktu jaman nya Si Doel Anak Sekolahan.
Kalau dalam si Doel logikanya berjalan, sejak Doel kuliah, nyambi narik oplet, jadi tukang insinyur sampai akhirnya milih Sarah.
Dan akhirnya Maudy Koesnaedy juga memilih……. memilih Eric Meyer sebagai suaminya :p

Tapi coba bandingkan dengan sinetron sekarang ini (saya ga tahu jalan ceritanya karena pernah mengikuti, hanya lihat iklannya saat menunggu berita)
Usia ibu dan anak ga beda jauh.. Tokoh utamanya selalu tertindas, selalu ada air mata.
Nah. dari hal itu saja korupsi logika sudah mulai berjalan.
Tapi kan karena itu namanya “sinetron” ya harus ada korupsi Logika, masa Ibunya mpok Nori dan Luna Maya sebagai anak, ya ga laku lah sinetronnya.
Jadi Anda sebagai penikmat setia sinetron pun sebenarnya sudah menyadari ada hal-hal yang ga masuk akal, karena kesadaran itulah anda bisa memilih untuk tetap mengikuti sinetronnya dan ga banyak protes.

Bagaimana dengan dunia persilatan eh dunia perbloggeran? ternyata ada juga korupsi logika seperti yang terjadi pada sinetron.
Seperti pada tokoh Sha di blogspot (saya mengetahui hal ini dari Eriq ketika bertemu di Bandung, dia bilang sha meninggal)
saya ga tau siapa itu sha, dan akhirnya kami membuka blog nya, dan memang terlihat foto seorang wanita sedang terbaring dengan mata terpejam.
Seperti sinetron… dan waktu dibuka dulu ternyata banyak sekali episode-episode yang terjadi hingga si tokoh meninggal.
Ketika di jakarta dan bertemu Eriq kemudian, dia menyapa saya dan bilang
elo masih inget ga ama sha, itu yang waktu kita ketemu di BSM n gwe bilang teman gwe meninggal”
“oh itu.. kenapa emang…?”
“Sialan, banyak yang ketipu.. yang mati itu hanya blog nya”
untuk yang penasaran ini link nya priyadi.net
Kasus Tasha di blog om Priyadi, banyak tanggapan yang disampaikan silakan baca saja 🙂

Mungkin kita juga pernah mendengar kisah-kisah seperti itu, pasti ada juga kisah nyata selain kisah tidak benar tentunya.
Misalnya saja perseteruan antara dua orang akhirnya bisa merembet dan mengalir kemana-mana, memang tipikal di dunia maya yang begitu ga ada batasnya, mudah sekali mengambil simpati dari orang lain, digiring sesuai skenario yang telah ditetapkan dan jika sudah masuk kedalam perasaan simpati, ya maaf-maaf saja biasanya penilainnya berat sebelah karena ga tabayun eh cross check ke pihak lain.
Nah, disinilah sudah dimulai, orang yang bersimpati dan ga mau cross check biasanya sudah terkena korupsi logika, dan asyik menikmati cerita-cerita tersebut.

Logika sebenarnya diperlukan untuk mendapatkan informasi yang benar dan bukan hanya dipermainkan.
Jadi jika anda pernah atau mengalami hal seperti yang saya tulis diatas, dan anda saklek untuk langsung percaya tanpa berpikir panjang dan tidak memakai asumsi serta logika, Maka berarti logika anda sudah dikorupsi.
Jika ada hal tersebut, perseteruan atau debat kusir dan dituliskan di blog masing-masing itu sah-sah saja,

Bagi saya pribadi untuk hal diatas lebih memilih KISS -Keep It Simple Stupid-
Jika butuh penyelesaian di dunia maya ya selesaikan secara gentle yaitu dibuat link dan jangan di edit agar para pembaca tidak bingung bisa membaca dan menganalisa dan menilai. Apalagi jika banyak para netter yang terlibat, ya minimal dibuka kembali untuk para netter yang terlibat tersebut agar semuanya jelas. Jangan ujug-ujug para netter yang dimintai sumbang saran atau terlibat karena tidak se-ide tiba-tiba didepak, ya maklum jika mereka marah dan tidak terima.

Apalagi jika bertemu semuanya atau paling tidak ada yang mewakili, itu justru lebih baik agar kesepakatan yang ada tidak dikorupsi logikanya.
Akar permasalahan sudah terjawab, janganlah membuat masalah kembali dengan makin membuat lebar diluar pokok masalahnya

Tapi jika anda makin memperlebar masalah.. lebih baik anda menulis skenario saja atau membuat novel, karena para pembaca Novel dan penikmat sinetron tidak terlalu mempermasalahkan korupsi logika.

*Selamat menulis dan membaca dengan hat-hati.. agar logika anda tidak terkorupsi
bisa capai kalau memikirkannya dan bisa-bisa anda menjadi 99,99% Gila :p :p*

Advertisements

36 comments on “Korupsi Logika

  1. Tp kalau di sinetron, tokoh utama yg meninggal, pasti ujung2 nya bangkit lg om Wib.Pa lg kalau sinetron nya laris manis. Skenario awal, bisa di rombak habis spy sinetron nya bs jlan terus…Cepe deh.

  2. yuniezalabella said: Tp kalau di sinetron, tokoh utama yg meninggal, pasti ujung2 nya bangkit lg om Wib.Pa lg kalau sinetron nya laris manis. Skenario awal, bisa di rombak habis spy sinetron nya bs jlan terus…Cepe deh.

    penikmat sinetron ya Yun? :p :pTersandung 1, Tersandung 2, Tersandung 3… Tersandung Melulu :))ga selesai itu sinetronnya karena nyandung2 terus 😀

  3. wib711 said: tabayun

    kog gue agak aneh baca ini ya hohohoo…tabayyun itu kan kalo kita bermasalah ya, baru lakukan itu…atau kita dilibatkan oleh salah satu pihak bermasalah, dan kita mau netral, nah itu tabayyun…supaya kita bisa jernih menilai persoalan kan ya…tapi kalau ujug2 kita dikirimi pm yang nanya: “mbak, gamau tabayyun?”helow… gue kan cuma ngasih pendapat di area umum yang digelar dia sendiri…kog disuruh tabayyun yah? emang sapa yang bermasalah?abis itu dimintai pendapat masalah puanjaaaaang bgt…pas dikasih contoh kasus yang sama, dan dikasih buah pemikiran kita yang bikinnya juga lama untuk solusi dia… eh… dihapus pmnya… kagak bilang2 pulak…abis itu dibilang lebay lagi kita gara2 hal sepele…padahal itu kan contoh kasus gue sendiri…wakakakkkk…hidup lebay…tabayyun yuks…

  4. srisariningdiyah said: tapi kalau ujug2 kita dikirimi pm yang nanya: “mbak, gamau tabayyun?”helow… gue kan cuma ngasih pendapat di area umum yang digelar dia sendiri…kog disuruh tabayyun yah? emang sapa yang bermasalah?abis itu dimintai pendapat masalah puanjaaaaang bgt…pas dikasih contoh kasus yang sama, dan dikasih buah pemikiran kita yang bikinnya juga lama untuk solusi dia… eh… dihapus pmnya… kagak bilang2 pulak…abis itu dibilang lebay lagi kita gara2 hal sepele…padahal itu kan contoh kasus gue sendiri…

    kalo bagian ini saiyah ndak mengerti…. :)*sambil ngelus2 si mpus n ngeliatin foto arie biar diuber kmanapun pergi*

  5. srisariningdiyah said: virtual body language tuh ;))HAH ADA KUCING!!!!

    sebenarnya masih bingung ama hal ini…kecuali dengan lawan bicara saling pakai web.. kan bisa ngeliat tuh lawan bicara lagi ngapain.. kali aja sambil masak nasi goreng pas chat :))*Mpus “ga ada tikus.. arie pun jadi”

  6. yuniezalabella said: Yeee bukan penikmat, tp lumayan mengamati.Apalagi tiap pulang weekend, mau gak mau ngeliat my mom nonton sinetron :<

    hahahaha… bisa aja ngelesnyatapi kok cuma mengamati bisa sampai hapal udah sampai mana jalan ceritanya yaa :))

  7. yuniezalabella said: Kok kucingnya di ajarin hal2 yg lebay sih ? :p

    enggak kok…itu kan standar buat mpus.. biar dia ngenalin orang yang suka ama mpus lewat foto…biar kalo ketemu langsung digigit :))

  8. myshant said: bo’ judulnya personal message, tapi kirim ke semua orang minta pendapat ….ceritanya beda2 di tiap PM…yeee…cuma bikin sensasi 😀

    hah? ini bukan Pm kok Shant… ini buat everyone*ngecek lagi takut salah setting*

  9. kalo disentron sering banget tuh, yg atu mati, trus ada kembarannya, ketemu lagi ama pacar si kembar yg meninggal , yang pernah kepentok trus amnesia, trus jatuh cinta, trus kepentok lagi trus sadar lagi, trus nyadar yang ini bukan pacar aslinya , trus di tolak, trus si kembaran marah, trus .. trus. trus…. hihihi…Dunia blog gampang dimanipulasi, tinggal cakep2an aja mainnya … kalo mo didkung ga gitu caranya …. kalo mo still virtual, jgn ninggalin jejak di mana2…. HATCCHHIIIIIII ….

  10. wib711 said: hah? ini bukan Pm kok Shant… ini buat everyone*ngecek lagi takut salah setting*

    bukan…maksudnya yg aku komentarin itu kasus yg mirip spt yg om Wib tuliskalau yg pada misuh2 di blog saling minta dukungan dan menjelek2an lainnya itu aku gak ekot2an ah, ketawa aja liat sinetron maya 🙂

  11. ada apa ini, ada apa ini.. *jarangan blog walking, contact ga banyak :p*btw, denger2 sih, yg nulis skenario buat sinetron itu dikejar2 detlen, jadinya ya cerita gitu2 aja.. ada yg tertindas, ada yang melotot2 & marah2, trus ada amnesia deh, trus bales dendam deh.. *ck ck..

  12. evanda2 said: kalo disentron sering banget tuh, yg atu mati, trus ada kembarannya, ketemu lagi ama pacar si kembar yg meninggal , yang pernah kepentok trus amnesia, trus jatuh cinta, trus kepentok lagi trus sadar lagi, trus nyadar yang ini bukan pacar aslinya , trus di tolak, trus si kembaran marah, trus .. trus. trus…. hihihi…Dunia blog gampang dimanipulasi, tinggal cakep2an aja mainnya … kalo mo didkung ga gitu caranya …. kalo mo still virtual, jgn ninggalin jejak di mana2…. HATCCHHIIIIIII ….

    Ini dia salah satu penikmat sinetron…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s