Parbada

Kalau pas datang ke salah satu BUMN untuk mengurus kerjaan, kadang suka ngobrol ama mbak-mbak disana.
Tepatnya sih Uni-uni… karena banyak dari 5 orang, 3 orang diantaranya berasal dari Sumatera barat.
Kalau mereka bicara dengan bahasa daerah Padang, saya dan teman saya cuma terbengong-bengong karena roaming.
Biar tetap bisa ikutan nimbrung, kadang suka bertanya apa artinya, mereka malah ketawa
dan biasanya mereka malah sengaja bikin bingung saya.

Nah kemarin ketika ketemu lagi setelah tiga bulan saiyah ga muncul, bercandalah saya dengan mereka.
Saya tanya bahasa padangnya dari kalimat yang saya sebutkan.
Kak, kalau bahasa padang itu kebanyakan belakangnya pakai terngiang-ngiang ya?
langsung melototlah mereka :
“abang ini dah lama ga jumpa, sekalinya jumpa banyak cakap pula”
maksud saya pakai akhiran ang… itu kata teman saya asal Padang yang ada di Jakarta, Kalau kampung jadi kampuang ya kak?
“iya… itu tau juga bang…
kalo kucing jadi apa kak?
“Kuciang
kalo kambing?
“kambiang
kalo kuping kak?
“kupiaa….. wah abang ini cari ribut aja disini… sana pigi….
*hehehe… nyaris terjebak si kakak….*

“kalo cewek, abang ini emang Parbada…

Parbada itu apaan kak?
“itu masih sejenis ama Monyet bang
wah.. kakak ini paten kalii… mau mengakui kalau kita berdua masih bersaudara ama monyet

ga saya perhatikan lagi bagaimana raut mukanya, yang ada saya di timpuk pakai tip ex
dan saya langsung pergi diiringi tawa teman-teman yang mentertawakan si kakak tersebut.

Advertisements

16 comments on “Parbada

  1. emang kalau dilanjut pake iang itu kuping artinya apa?disensor ya?kalo bahasa batak daerah bapak,parbada itu suka kelahi,cari ribut, bukan cari cewek dan ribut2 loh ya πŸ™‚

  2. @ mbak Intan : percaya kok mbak.. :p@ Mona : ndak kok… itu si kakak hanya terbawa saja… harusnya dia bilang talingo seperti yg mbak intan reply tuh…makanya kan dibilang “kalau abang itu cewek… ah mona suka ngetest nih…”

  3. jadi inget temanku ngasih nama anaknya : aiko mana anak perempuannya lucu kayak anak jepang..ga taunya asal namanya dari : aaa…iko.. yang dinanti-nanti..soalnya sebelumnya cowok melulu anaknya πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s