Arti ayah bagi pria

Kalau anak perempuan dekat dengan ayahnya itu wajar, tapi jarang anak lelaki yang dekat
dengan ayahnya. Biasanya suka berseteru, atau paling enggak cuma berbasa-basi itu yang saya tahu.

Minggu kemarin saya berkunjung ke rumah salah seorang kepala Kanwil salah satu BUMN Medan, obrolan ga jauh dari dunia riset, karena kebetulan bapak ini sedang mengambil S2 dan minta saya untuk obrol2 tentang pengmabilan data serta pengolahannya.
Hingga tanpa sadar saya nyeplos… rumah ini model lama dan besar juga, nyaman.. adem untuk tinggal disini.

Si bapak tersenyum dan bercerita kalau dia berenam saudara, dua laki-laki dan 4 wanita.
dan ketika disebutkan nama saudaranya saya merasa begitu familiar, ternyata saudara laki-lakinya adalah salah seorang anggota dewan yang pantas saja kalau saya sering dengar, dan saudara wanita nya juga mempunya usaha yang lumayan sukses di Jakarta dan Batam.

Lalu cerita berlanjut tentang ayahnya yang bisa membuat mereka begitu, ayah mereka sendiri hanyalah seorang tukang kayu, jadi membangun rumah sedikit demi sedikit, direncanakan semuanya itu dilakukan sendiri.
Ayahnya juga mengajari mengaji kepada mereka semua, kalau ada yang salah membaca tanpa segan-segan dipukul dengan rotan, dan diajarkan pula untuk berbagi dengan para tetangga.
Kebetulan saat saya datang, baru saja pengajian selesai, dan ketika saya tanya dijawab bahwa pengajian dengan warga sekitar itu dimulai sejak tahun tujupuluhan hingga sekarang.

Sampai disini si bapak saya lihat mulai berlinang, dia bilang ingat almarhum ayahnya, sebelum mulai brebes mili sayapun mohon izin untuk kebelakang.

Sepulangnya, saya jadi teringat bapak saya, kadang kalau ga sreg saya biasa langsung berterus terang tapi ternyata hal itu bisa membuat bapak saya terluka tanpa saya sadari.
Ah, tiba-tiba saya ingin pulang bertemu dan sungkem dengan bapak dan ibu, bukan hanya melalui telp atau sms saja.

Selamat sore temanz, selamat pulang kerja… saya yakin anda adalah orang-orang yang mencintai keluarga terutama ibu dan ayah anda

Advertisements

14 comments on “Arti ayah bagi pria

  1. Dua saudara lelakiku juga gk deket ama bapakku, iya ya knapa ya…kok udah sprt rumus gituwih Om Wib masih di Medan toh? sayang thn ini gk ke Medan, hiks coba thn lalu kita ketemuan di Medan y Wib

  2. huhuhuhu.. ikutan sedih.. kemaren baru berseteru ama beliau .. ihiksbtw. wib, minta email atau nomer HP lagi dunk .. mau kirim sesuatuw.. semoga km bisa menyempatkan datang yah ^_^, dah lama ngga ketemu wib heheheeh

  3. thanks buat sharing. smg anak laki2 gw tetap dekat dg gw sampe dewasa nanti. setiap kali ia memanggil “Ayah” rasanya indah sekali…semoga tetap indah ketika ia memanggil lagi dalam usianya yg dewasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s