Peraturan Membawa Berkah

Setiap kost punya peraturan masing-masing, waktu pertamakali ke Medan, saya kost di rumah yang campur penghuninya punya peraturan jam 12 malam udah harus masuk rumah, ga boleh bawa lawan jenis kedalam kamar kost apalagi sampe nginap.

Ga bertahan lama, pindah kost ke rumah mantan dosen USU yang cuma ada dua kamar berada dibelakang rumah utama dan berada di tingkat 2, sebenarnya yang punya rumah ga niat buka kost, tapi karena anaknya sering dinas luar kota dan dirumah tersebut hanya
tinggal dia jadi kalau butuh apa-apa ya tinggal bilang ke anak kost, peraturannya ga boleh narkoba, dan menginapkan lawan jenis, pemakaian air dan listrik bebas, pulang juga bebas ga ada jam malam, dan dalam satu kamar boleh lebih dari satu orang tanpa tambahan biaya, dan hal itu celakanya dimanfaatkan oleh tetangga kost saya dengan meninggali kamar bersama 3 orang temannya, memang sih saya ngerti kalau patungan jadi ringan tapi kurang nyaman aja, karena baru mau mandi tahu-tahu air sudah habis karena pada malas nyalain pompa airnya.
Jadi kadang suka inap dirumah kontrakan yang merangkap tempat kerja, tapi itu pun bikin bete.. bangun-bangun udah ngeliat kerjaan.

Sekarang ini saiyah tinggal di tempat khusus anak lelaki, cuma ada 10 penghuni yang paling muda 4 orang anak yang baru masuk SMA, 3 orang kuliah, dan 3 orang udah kerja.
Ajaibnya yang udah kuliah dan kerja itu udah tahunan kost disitu, ada yang udah 8 tahun.
Kost nya sendiri bermodel paviliun, jadi terpisah pisah, kalau kost ini peraturannya jelas, jam 10 malam udah harus masuk pekarangan rumah utama, entah abis itu mo gelimpangan sambil ngobs didalam itu ga masalah.

Yang diberi kunci juga cuma dua orang yaitu penghuni terlama dan saiyah (atas permintaan bozz dari pemilik rumah) untuk saiyah sebagai orang yang suka pulang malam :p
Peraturan lainnya ga boleh Narkoba, ga boleh bawa lawan jenis ke kamar kost, kalaupun ada tamu lawan jenis ya kudu diruang tamu rumah induk n kalau ada adik atau kakak yang berlainan jenis mau ke kamar, ya kudu izin n pintu kudu dibuka lebar-lebar.
Peraturan kedua, buat anak SMA kalau ga boleh merokok sama orangtuanya, ya ga boleh merokok didalam wilayah tempat kost, jadi ortu nya kudu minta izin n nerangin kalo anaknya emang perokok (mantap nih)
Peraturan ketiga, ga boleh bawa teman buat inap, kalau mau inap harus jelas misalnya untuk bikin buat tugas dari sekolahnya tapi kalo inapnya ga jelas ga bakal dikasih.
Peraturan keempat wajib ikut pengajian bagi yang muslim yang diadakan dirumah utama seminggu sekali, kecuali ada halangan bisa izin.
Peraturan ke empat ini cuma berlaku di bulan Ramadhan, ga boleh beli makan untuk sahur dari luar, kecuali emang punya penyakit n makanannya harus khusus. Ya ini tentu saja memudahkan ga susah payah cari warung makanan untuk beli makan sahur. kalau untuk buka puasa terserah, boleh ikutan atau mau cari makan diluar dan itu semuanya………………….. gratis.

Saiyah terbengong mendengar penjelasan peraturan no.4, dan itu menurut penghuni terlama sudah terjadi sebelum dia kost disini sudah mulai dari tahun 80an.
Semoga Allah memberi rizki kepada ibu bapak kost, memberi keberkahan atas semua yang udah dilakukan untuk anak-anak kost.. Amin…

Advertisements

42 comments on “Peraturan Membawa Berkah

  1. intan0812 said: ku dulu karena termasuk anak yang paling baik… suka dapat gratisan sahur dari yang empunya rumah..

    percaya mbak…. sekarangpun masih nampak :DAlhamdulillah baik,…. lagi nunggu kloter muter aceh lagi nih…aku udah ikutan mbak.. ketahuan belum buka yaa 🙂

  2. yuniezalabella said: Eh keren kos2 an nya. Semoga yg punya kos2an nya rejekinya makin berkah. Wajar aja ya, penghuninya betah bertahun2 disana :>eh pa kabar om Wib ?

    Amin….Alhamdulillah baik Yun…. enak yak buka puasa bareng keluarga walau didalam aquarium 🙂

  3. Hehehe iya nih, Alhamdulillah. Sejak hari pertama sampai sekarang msh bisa buka puasa sama ortu. Dan kos2anku justru jd terbengkalai deh.Disini br aja maghrib, disana bentar lg ya. Met buka ya om Wib :>

  4. wib711 said: percaya mbak…. sekarangpun masih nampak :DAlhamdulillah baik,…. lagi nunggu kloter muter aceh lagi nih…aku udah ikutan mbak.. ketahuan belum buka yaa 🙂

    makasih.. tenang aja nanti kalau balik ke bekasi, kita kopdar makan nasi kebuli ya… wah mau ke aceh…. jadi pengen ikutan.. inget cerita bundel yang ke sabang berdua dirimu .. :)eh ya aku belum buka … malu abis komen di mari baru buka .. ternyata dirimu sudah mendaftarmakasih ya

  5. keren om kost nya.. mudah2an kali ini betah ya om..sayang uni gak tau kalau om wib beneran tinggal di medan, kirain cuma sekali2 saja ke medannya. rupanya tinggal disana ya om ? boleh tau gak lokasinya dimana >

  6. Wah, Alhamdulillah ya Mas Wib dapet kosan begitu. Berkah banget tuh sahur dikasih buat anak kos. Kalo dulu aku malah kebalikan, pas sahur mau goreng nugget doang minjem kompor ibu kos, langsung dipelototin, wakakak…

  7. Ikut mendoakan smg ibu kost nya dlm kelapangan rizki selalu… dulu ibu mertuaku jg gitu sih, kalo sahur, anak2 kost nya makan gratis.. tp ga wajib sih, intinya, makan bareng, krn mamah dulu tinggal sendirian, jd sepi

  8. intan0812 said: makasih.. tenang aja nanti kalau balik ke bekasi, kita kopdar makan nasi kebuli ya… wah mau ke aceh…. jadi pengen ikutan.. inget cerita bundel yang ke sabang berdua dirimu .. :)eh ya aku belum buka … malu abis komen di mari baru buka .. ternyata dirimu sudah mendaftarmakasih ya

    aku baca,..aku baca,… *ga rela om wib makan sendirian nasi kebuli nya bunda*

  9. intan0812 said: makasih.. tenang aja nanti kalau balik ke bekasi, kita kopdar makan nasi kebuli ya… wah mau ke aceh…. jadi pengen ikutan.. inget cerita bundel yang ke sabang berdua dirimu .. :)eh ya aku belum buka … malu abis komen di mari baru buka .. ternyata dirimu sudah mendaftarmakasih ya

    siappp mbak….. :)aku juga udah kirim kategori lainnya yaa

  10. yudimuslim said: Mantab bang! (berhubung dah jadi org medan,g dipanggil mas lagi hahaha)kalo yd dapat kos gituan,mulai dr buka sampe sahur makan disitu hehehe

    hahahaha…. udah gitu nambah pula yak…Eh Yud..aku kmaren udah muter Pidie-Pidie Jaya…. maaf ga jadi hubungi dirimu….

  11. cambai said: keren om kost nya.. mudah2an kali ini betah ya om..sayang uni gak tau kalau om wib beneran tinggal di medan, kirain cuma sekali2 saja ke medannya. rupanya tinggal disana ya om ? boleh tau gak lokasinya dimana >

    mudah-mudahan uni….ya paling enggak enam bulan ini atau genapin setahun bakal di Medan :)seringnya sih aku di daerah perum mandala di tempat kawan, tapi kadang di Jl. Bersama…udah pindah dari Ekarasmi…

  12. maniapasta said: as sahur mau goreng nugget doang minjem kompor ibu kos, langsung dipelototin, wakakak…

    abis goreng nuggetnya ngambildikulkas ibu kost ya dipelototin jadinya mbak :p

  13. evanda2 said: Ikut mendoakan smg ibu kost nya dlm kelapangan rizki selalu… dulu ibu mertuaku jg gitu sih, kalo sahur, anak2 kost nya makan gratis.. tp ga wajib sih, intinya, makan bareng, krn mamah dulu tinggal sendirian, jd sepi

    amin…..hehehe… ini wajib karena ndak ingin menyusahkan anak kost n biar konsen puasanya.. terjamin sahurnya 🙂

  14. aql1nd4 said: peraturan ke 4 … jadi inget jaman kost :)ibu kost ku jg bikin peraturan gitu 🙂

    waahhhh….. ada temannyaaa….. senang ya mbak kalo ada yg kayak gitu

  15. wib711 said: hahahaha…. udah gitu nambah pula yak…Eh Yud..aku kmaren udah muter Pidie-Pidie Jaya…. maaf ga jadi hubungi dirimu….

    jiaaaah gitu deh dikau ya gpp sih bang, ntar insya allah mulai bulan depan yudi akan tugas lama di pidie jaya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s