[FF] Lelaki tidak boleh menangis

“Anak laki-laki tidak boleh menangis, jangan pulang jika permasalahnnya belum selesai dengan temanmu” itu yang dikatakan bapak ketika melihatku pulang bermain sepakbola dengan membawa tangis karena berkelahi.
Antara aku dan bapak memang tidak terlalu dekat, beliau jarang berbicara dengan kami anak-anaknya, tapi yang aku tahu bapak selalu memperhatikan kami dengan bertanya keadaan kami kepada ibu.

Untuk marahpun sangat jarang sekali bahkan bisa dihitung dengan jari, beliau baru akan marah jika aku tidak mematuhi perintah ibuku
“kamu tahu, bagaimana pengorbanan seorang ibu untuk melahirkan anaknya? berjuang untuk anaknya hingga sekarang? surga itu ada dibawah telapak kaki ibu, berdosa sekali jika membantah ibumu!”

Dan kemarahan beliau yang besar baru akan muncul jika aku melakukan hal yang tidak bisa ditolerir yaitu lalai shalat apapun alasannya.
“Tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat, dalam keadaan takutpun harus shalat, bahkan orang sakit tetap harus shalat, kamu itu laki-laki, nanti jadi pemimpin keluarga, jika kamu berani meninggalkan shalat bagaimana nanti dengan keluargamu dan jika bapak meninggal siapa yang akan menshalatkan, mengajikan dan mendo’akan bapak?” Suara bapak terdengar makin meninggi dan itu cukup membuatku tertunduk diam. Episode puluhan tahun lalu masih terekam dalam ingatanku.

“Jangan lupakan shalat dan jaga dirimu ditanah orang” hanya itu pesannya ketika aku akan merantau ke Tanah Sumatera ini.
Sekarang sosok yang kuhargai dan kucintai itu terbaring dengan senyum diwajahnya, kubisikan ditelinganya dengan suara lirih dan bergetar “bapak, lihat aku sudah pulang, aku juga tidak menangis dan aku yang akan mengantarkan bapak sampai ketempat peristirahatan yang terakhir, semoga bapak tenang dan damai di sisi Nya”

——————————————————————————————————————————

ini juga masih dalam rangka ikutan FFnya mbak Intan disini kategori Ayah


Advertisements

19 comments on “[FF] Lelaki tidak boleh menangis

  1. sebab merpati tidak boleh menangis? 🙂 fyi, hari ini ayah teman sma mona meninggal, kemarin nyanyi2 ‘Ayah’nya Starfive sampe berkaca-kaca, trus sekarang baca ini, next?

  2. @ Emma : haik haik….. arsik nya juga borongan yaaa :))@ Febbie : thx yo@ fetriz : ngasih tissue ke fetriz… hemm…. gabungan kok@ mbak Intan : Ngasih tissue sekalian kunci buat ngelocked@ bang Doan : thx bang, FB banget yak :))@ mbak Etika : kangen ama bapak ya mbak?

  3. @ mbak Lollyta : gabungan mbak :)@yunnie : ibu tetap no satu :)@ Uut : karena kamuh dulu tidak mendukung akuh *kabur*@ saturindu : thx om…@ Uni dian : iya Uni.. mungkin terinspirasi dari FF nya Uni :D@ Yudi : daripada teriak-teriak mendingan ikutan juga atuh@ mbak Tyas : untung mbak tyas ga jadi anak laki laki yaa :D@ mbak intan : yo wes… locked wae mbak…@ Mona : karena Merpati pasti pulang ke sarang :Ddari kmaren aku cari dance with my father blm apat dapat…

  4. wib711 said: @ Emma : haik haik….. arsik nya juga borongan yaaa :))@ Febbie : thx yo@ fetriz : ngasih tissue ke fetriz… hemm…. gabungan kok@ mbak Intan : Ngasih tissue sekalian kunci buat ngelocked@ bang Doan : thx bang, FB banget yak :))@ mbak Etika : kangen ama bapak ya mbak?

    ya iyalaaaaaaaaaahhh,.. harus ituuuwww,.. :p sm naniura juga,.. asiiikk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s