A Few Good “Kondektur”

Banyak keluhan mengenai Trans Jakarta mulai dari keterlambatan bis, antrian yang puanjang, pengemudi ugal-ugalan, kondektur yang ga profesional sampe kecopetan.
Saya kebetulan hari ini naik Busway dari Cawang menuju Grogol (Koridor 09), kebetulan sekali kondukturnya saya perhatikan ramah dan tegas.
Ketika akan masuk bis, agar tidak terjeblos ke lubang selalu diingatkan “Perhatikan langkah anda” itu mungkin sudah standar prosedur kerja, tapi bahasa yang disampaikan bukan hanya sekedar “bahasa kaku, B. Prihandono kondektur yang ber-ID 104460 juga membantu seorang ibu untuk melangkah.

Didalam bis, dia memperhatikan penumpang wanita, dan saat itu ada seorang wanita berkacamata dengan muka sedikit pucat berpegangan pada tiang, B. Prihandono bertanya kepada wanita tersebut “Ibu lagi hamil ya?” matanya jeli menangkap hal yang luput dari pandangan orang lain. Sang wanita tersebut mengiyakan.
Seperti biasa, para pria gagah perkasa yang duduk didalam busway matanya diganduli setan mulai dari dapat duduk hingga tujuan (anehnya pas sampai tujuan tiba-tiba setannya beterbangan dari pelupuk mata)
Nah, Kondektur ini menghampiri Pria yang matanya diganduli setan tersebut, mencoleknya lalu bilang dengan nada tegas “Pak… tolong berikan bangkunya untuk ibu hamil ini”
Sang pria tersebut akhirnya berdiri dan bergeser arahnya makin kedepan.

Hal lain lagi yang menurut saya menjadi poin adalah ketika di Halte Tegal Parang, oranng berebut masuk, padahal sudah diminta untuk menunggu bus berikutnya tapi tidak diindahkan, sehingga sang kondektur sendiri tidak kebagian tempat, dengan halus meminta seorang laki-laki yang baru masuk untuk keluar.. laki laki tersebut tidak mau, dan diminta ulang dengan kalimat lebih tegas dan karena desakan para penumpang lain yang akhirnya turut meminta laki-laki tersebut keluar, akhirnya sang kondektur tersebut bisa masuk.


Mungkin keluhan atas pelayanan publik tetap selalu ada… tapi saya yakin akan tetap ada juga B. Prihandono lain ditengah masih kurang bagusnya layanan dari Trans Jakarta.

jika ada yang yang mempunyai alamat email pengelola trans Jakarta dan berniat untuk menuliskan disana saya persilakan šŸ™‚

**
Have a nice weekend temanz, Mari kita ber-Dancing Queen

Advertisements

24 comments on “A Few Good “Kondektur”

  1. suka sebel tuh di busway.. cowo2 muda yang dapat duduk pada pura2 ga tau atau tidur… spy kalau ibu2 hamil atau lansia naik mereka ga disuruh berdiri …..kalau masalah kondektur, sejauh ini aku naik yang dari ragunan kuningan dan blok m kota.. asyik2 aja sih ga supir ga kondekturnya…..

  2. intan0812 said: uka sebel tuh di busway.. cowo2 muda yang dapat duduk pada pura2 ga tau atau tidur… spy kalau ibu2 hamil atau lansia naik mereka ga disuruh berdiri …..

    jangan sebel aja mbak… tampol ajah langsung hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s