Not Being Talked About

There is only one thing in the world worse than being talked about and…. that is not being talked about *The Power of WOMM*

Bagaimana jika anggota suatu jejaring sosial bercerita tentang hal tidak bagus tentang jejaring sosial yang diikutinya? kalau hanya satu atau dua orang hanya menulis dengan cara misuh-misuh mungkin hanya segelintir orang yang akan bertanya, Tapi bagaimana jika ada beberapa orang anggota komunitas jejaring sosial seperti bloggernya Super Garing berbicara tentang hal tidak bagus?

Mari kembali ke awal, sejak tahun Juli 2004 Super Garing mulai hadir di Indonesia, dan digunakan oleh para user yang sebagian besar saat itu untuk mencari lagu gratisan, tapi sejak ada kebijakan menutup hal tersebut, lambat laun user pemburu lagu mulai bertumbangan, dan akhirnya yang tetap eksis adalah para blogger nya yang lebih dikenal dengan sebutan Mpers dan akhirnya menjadi komunitas Blogger MPID, hingga sekarang, berarti usia komunitas blogger MPID sudah 7 tahun.
Ini tentu hal yang positif bagi Super Garing, bahkan menjadi Positive Word Of Mouth Marketing, karena banyak user yang mengenal Super Garing ternyata dari user yang
telah bergabung sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, para blogger itu semakin akrab satu sama lain, hal yang tidak serius bisa menjadi serius, hal yang serius bisa juga menjadi candaan, satu hal yang pasti walau terlihat saling canda dengan fitur komen yang tersedia, para blogger komunitas MPID banyak yang kritis dalam hal menyikapi sesuatu, sehingga orang luar atau dari komunitas lain bisa menilai bahwa itu adalah arogan atau bahkan kasar, tapi sebenarnya tidaklah demikian, karena hal itu merupakan sikap keterbukaan dan tanpa tedeng aling-aling yang dimiliki sebagian besar blogger.

Saat ada blogger yang mengadakan acara, misalnya lomba menulis *banyak sekali lomba menulis yang dilakukan oleh para blogger MPID* mulai dari yang serius hingga yang bersifat hanya untuk kesenangan bergulir, dan pasti akan ada pertanyaan mengenai kejelasan dan persyaratan tentang hal tersebut, hal itu terjadi karena memang pada dasarnya para blogger ingin keterbukaan.
Jadi, jika ada katakanlah usernewbie mengadakan lomba mengarang bebas, tentu saja para blogger akan bertanya tentang semua hal, dan celakanya usernewbie menganggap hal tersebut sebagai kerusuhan, berkomentar secara negatif.
Padahal jika usernewbie mau meluangkan sedikit waktu untuk melihat karakteristik para blooger komunitas MPID yang memang sedikit unik, maka justru akan terjadi interaksi dan kerjasama yang bagus.

Alih-alih mau melakukan pendekatan, yang ada mencari tahu latar belakang para pemberi komen lalu melaporkan ke pihak berwenang bahwa banyak yang membuat rusuh.
Lalu apakah yang dilakukan oleh pihak berwenang?
Apakah pihak berwenang mengadakan pendekatan kepada pembuat komen di tempat usernewbie? ternyata tidak, yang ada malah membuat surat cinta.
Sungguh efektif, surat cinta yang akhirnya menyelusup kemana-mana, apalagi dalam sebuah komunitas blogger yang solid dan sangat akrab untuk berbagi.
Dan berhasilah dengan sukses NEGATIVE WORD OF MOUTH MARKETING yang dijalankan terhadap para user yaitu Blogger Komunitas MPID.

Di era sosial media yang sedang “in” saat ini, segala sesuatunya bisa berubah dengan dinamis, banyak sudah yang menjadi contoh salah satunya seperti kisah Prita Vs Rs. Omni, word of mouth nya berjalan begitu cepat dan tidak bisa dihentikan.

if people talk negative about you, it shows that they still care & they still love you, because they want you to improve!! not to suspend account!!

Jadi ??? itu pertanyaan retoris, hanya anda dan Tuhan yang bisa menjawabnya.


WIB
Blogger & Researcher Pecinta Hitam

#Tulisan ini bukan bertujuan untuk memprovokasi, hanya sebuah bentuk keprihatinan terhadap kondisi saat ini

Advertisements

106 comments on “Not Being Talked About

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s