[Melatipelayu] Konspirasi Tingkat Tinggi

Dua tahun di Medan, Aceh dan Bengkulu seakan begitu jauh merindukan sebuah kampung bersama yang bernama kampung Multipelayu, dulu saat pertamakali babat alas, nama kampungnya pun belum ada, yang ada hanya ketua kelas, itu pun masih saling tunjuk siapa yang pantas menjadi ketua kelas, seiring perjalanan waktu, terbentuklah kampung Multipelayu, saya sendiri tidak paham mengapa dinamakan demikian.

Yang saya tahu saat pulang dari aceh mencari dedek maniezt di kampung multipelayu itu saat ini ada Lurah saru yang bernama Cakmarto dan ada pula sadakonita yang bertugas mengawasi kampung dengan membawa pentungan serta tidak ketinggalan membawa semua Etika dalam bermasyarakat, jadi jika ada yang melanggar etika dengan sigapnya sadakonita membuka ponsel dan membacakan rule yang sebaiknya dijalankan.
Ketua kelas yang dulu saat babat alas ternyata sekarang sudah menjadi presiden, saat saya tinggalkan kampung dulu memang jabatannya baru sampai level bupati, tapi memang saya tahu ketua kelas kami dahulu orang yang mempunyai energi lebih untuk kegiatan membangun kampung dan kegiatan sosial, jadi wajar saja sekarang kalau menjadi presiden.

Hari pertama saya di kampung Multipelayu saya tergagap-gagap, banyak sekali warga baru yang saya tidak kenal, bahkan oleh sang banpol saya dikirimi kulsms agar tahu caranya berinteraksi dengan yang lain.
Tapi ternyata kampung Multipelayu tidak jauh beda saat babat alas, dahulu ada kelompok yang selalu merusuh dengan nama kelompoknya Aliasi Perusak Jurnal (APJ) ketuanya Diah Ramli, tapi setelah insyaf Diah pindah ke UK mencari tambatan hatinya.
Sekarang, rupanya masih tumbuh subur generasi perusuh yang diketuai oleh Mbak Engkoos dan Mbak Febbie, tapi kalau ini tingkat kerusuhannya sepuluh kali lipat dibanding APJ, maklum mereka itu selain punya energi lebih untuk unsur yang berbau gosip juga mempunyai power sebagai ibu rumah tangga yang butuh disalurkan tentu saja melalui kerusuhan, bisa terbayang kan kegiatan sehari-hari mereka harus ada yang dirusuhi, bahkan suami mereka karena sering dirusuhi sampai ngambek dan sering pergi melarikan diri.

Karena rule yang diberikan sadakonita sangat rumit, saya akhirnya memtuskan bertemu dengan profesor Bambang Snape untuk berdiskusi, prof dengan sangat piawai menerangkan rule yang dibuat oleh sadakonita, ternyata saat bertemu bertiga di halte buswe, sadakonita kelihatan berbeda, rada kemayu gitu.. rupanya ada udang di balik slurpe, sadakonita menaruh hati pada prof. Bambang, jadi rupanya pelampaiasan kegalakan atas nama rule itu karena cinta yang menepuk sebelah tangan.

Pengamatan dilakukan oleh wib terhadap warga kampung multipelayu agar tidak salah berinteraksi, sembari mencari jejak dek maniezt yang dikabarkan kabur ke Jogja karena ditaksir playboy cap kura-kura yaitu omali.
Omali dengan kemampuan intelektualnya yang tinggi berfatwa, bahwa membuat senang orang lain dan dirinya sendiri itu adalah mendapatkan pahala, jadi dengan rencana menikahi dek maniezt, omali nya senang dan dek maniezt akan terlindungi dari mahluk gaib yang ber marga Sumitro.
Sementara itu debapirez alias dedy adalah sekutu omali dalam hal menggaet wanita di kampung multipelayu, kalau omali khusus hunting pada wanita lajang seperti Dek Maniezt, Raya, Nina & April, sedangkan dedy khusus berburu wanita yang sudah berumah tangga seperti mbak Febbie, Mbak Uwi maniapasta, mbak Ida22, mbak Intan serta mbak Pink.

Rupanya sepak terjang omali dan dedy tidak disukai oleh ihwan culun, ihwan merasa tersaingi dan merasa masanya Dedy dan Omali sudah tamat, karena mereka berdua termasuk angkatan westlife, sedangkan Ihwan termasuk angkatan The New Srimulat.
Akhirnya Ihwan membujuk Raya dan Nina berkoalisi menghadapi Dedy dan Omali, tapi karena masih muda dan belum pengalaman, Trio koalisi tersebut tidak memperhitungkan faktor X, dimana Febbie yang menjadi salah satu gebetan Dedy tidak rela jika hal tersebut terjadi, dengan segala daya upaya Febbie menjalankan kampanye agar dedy sang pujaan hati berhasil menjadi yang ternarsis pada ajang MPID Awards.
Febbie : “Ayang, Trio koalisi mau mencuri gelar ternarsis dari kamuh, aku ga rela yang… “*sambil ngemil*
Dedy : “aku pun tak rela yang” *sambil ngaca dan menyisir*
Omali : “Sayapun tak rela kalau Raya dan Nina jatuh ketangan si Culun itu.. kita harus bersatu” seru omali sambil mengelus-ngelus foto Raya
Febbie : “baiklah… aku akan berkampanye mati-matian demi Dedy belahan jiwaku, untu Raya dan Nina serahkan saja pada team sukses kita, agar mereka terpilih menjadi yang terdudul dan tercerewet, agar si Culun itu ditinggalkan”
Begitulah kesepakatan yang dibuat Trio Angkatan Westlife yaitu Febbie, Omali dan Dedy.

Sementara itu, di salah satu sudut kampung, trio kriwil yaitu Rengganiez pengemar cabe, Wewet yang selalu grasak grusuk serta cak Marto selaku lurah kampung multipelayu sedang saling tatap, dihadapan mereka terserak kertas-kertas, secangkir kopi cak marto, sekilo cabe kering rengganiez dan segelas jamu galian singset wewet.
Rupanya pembicaraan mereka sudah sangat serius.
Cak Marto : zadi, afakah kalian akan mendukung gue?
Aniez : Tentu saja cak… kamu adalah abangku satu-satunya, jadi harus didukung
wewet : Saya siap mendukung cak Marto sepenuh jiwa raga saya
Cak Marto : baiklah, Aniez.. paparkan Strategimu
Aniez : jadi begini cak, dilini atas kita sudah tanam Febbie untuk melakukan kerusuhan sekaligus menggalang masa, untuk para wanita lajang omali sudah bisa diandalkan dan untuk para wanita yang sudah berkeluarga, kharismatik Dedy sudah tidak perlu diragukan lagi.
Cak Marto : baiklah. Gue mengerti, nah elo wewet.. sekarang paparkan strategimu
Wewet : “dalam hal menggalang masa dari kaum muda, saya sudah menempatkan ibu Arnia dan prof Bambang di Akademi Multipelayu Indonesia, sebagai penetralisir, saya juga sudah bekerjasama dengan bang Jampang agar ada yang bisa dituruti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Prof Bambang juga sudah dikirim ke Jakarta melihat acara kebudayaan jakarta, festival palang pintu, padahal maksud sebenarnya agar bertemu dengan sadakonita karena diantara mereka berdua memang saling ada rasa… hik hiks…. *wewet memaparkan hal tersebut dengan berderai airmata, terbayang pujaan hatinya Prof Bambang berjalan-jalan dengan sadkonita berduaan*
Aniez : sudahlah Wet.. ini demi perjuangan kita bersama, jika nanti kamu memang tidak berjodoh, saya akan jodohkan kamu dengan bang Jampang, dia itu pintar, baik dan penyayang terhadap anak kecil kayak kamu lho wet.. *aniez membujuk wewet sambi mengunyah cabe*
Cak Marto : Okelah.. kalian jangan pada melow gitu, intinya gue setuju… Ini Gotrex yang ga bisa dihubungi.. kemana dia Niez?
Aniez : Gotrex lagi mempersiapkan untuk melamar fine si lugusekali cak, maklum.. gotrex itu kan pinter, jadi kalo cari istri harus yang lugu biar bisa di bohongi.
cak Marto : Ya udah gpp, yang penting kita semua bersatu untuk melakukan kudeta, sudah bosan kita dipimpin oleh Presiden Ari, saatnya kita yang memimpin.. Merdekaaaa
Aniez dan Wewet : Merdekaaaaa

Hari demi hari berganti, rencana terus berjalan hingga datangnya Land Lord dari Amerika yang membuka pusat pemerintahan di Kota Gandariang, mereka mengundang Presiden Arie, yang mengajak Lurah Marto, Febbie sang ratu kerusuhan, mbak Intan dan Wib yang newbie untuk berdiskusi bagaimana tentang keadaan dikampung multipelayu saat ini, di Le Seminyak pulau Bali.
Captain Daniel, sang Gubernur Jenderal Kota Gandariang banyak memberikan janji, yang dicatat oleh mbak intan yang memang senang orat-oret, karena masih dirasa kurang cukup, maka pertemuan kedua dilanjutkan di Marche, GI, Perancis.

Disitu dibahas juga tentang akan dibangunnya pusat pemerintahan Gubernur Jenderal dengan nama rumah yang menyolong dari nama rumah warga multipelayu yang sudah ditinggalkan, dibuat perkumpulan tersendiri untuk para pedagang dan untuk warga non pedagang.

Tapi rupanya komunikasi yang berjalan antara pemerintahan dibawah gubernur jenderal dengan warga kampung multipelayu tidak berjalan dengan baik, jangankan menagih janji-janji yang telah di ucapkan Gubernur Jenderal, untuk berkomunikasi saja dengan aparat mereka sangat sulit, benarlah apa yang salah satu sesepuh bilang yaitu kang Tampah : Isuk Dele, Sore Tempe, Wengi ngelambe…
kalau dalam bahasa hanacaraka artinya : “Jadi pagi ini ngomong apa, siangnya bilang apa.. malamnya dadah dadah ke warga kampung yang bertanya sambil meletin lidah dengan nada ngenyek.
Akibat dari buntunya komunikasi itu, para warga sering bertanya tapi rupanya warga kampung yang suka bertanya kena batunya, mereka mendapat surat cinta dari Asisten Gubernuran.

Akhirnya warga kampung multipelayu galau dengan keadaan tersebut, kenapa ada surat cinta? alasan apa dikirim surat cinta? siapakah pengirimnya?
semua hanya mereka-reka bagaimana itu bisa terjadi…..

bagaimanakah kisah selanjutnya dari warga kampung multipelayu? Penasaran??
klik aja disini lombanya

Cerita ini hanya fiktif belaka bahkan bisa kisah nyata, jika ada kesamaan memang pasti disengaja… Toh ga ada yang tahu bahwa ini realita atau cuma hura-hara, namanya juga konspirasi buat tertawa

Advertisements

74 comments on “[Melatipelayu] Konspirasi Tingkat Tinggi

  1. ohtrie said: control F ketik nama,ah gak ada namaku, amannn..thankssss… 😛

    Cak Marto : Okelah.. kalian jangan pada melow gitu, intinya gue setuju… Ini Gotrex yang ga bisa dihubungi.. kemana dia Niez?Aniez : Gotrex lagi mempersiapkan untuk melamar fine si lugusekali cak, maklum.. gotrex itu kan pinter, jadi kalo cari istri harus yang lugu biar bisa di bohongi.

  2. wib711 said: Cak Marto : Okelah.. kalian jangan pada melow gitu, intinya gue setuju… Ini Gotrex yang ga bisa dihubungi.. kemana dia Niez?Aniez : Gotrex lagi mempersiapkan untuk melamar fine si lugusekali cak, maklum.. gotrex itu kan pinter, jadi kalo cari istri harus yang lugu biar bisa di bohongi.

    dialog wib nya manahh…..????kok kagak adaa….??

  3. sarahutami said: Mas Gotreeeeeex, itu cluritnya balikin. Weeee, gondol punya orang, gak bilang-bilang. Modol dong eh mouuudaaal dong mooodaaaal.

    balikin kemanaaaa….?????ini mo kubawa ke pul besi tua madura situ jee.. 🙂

  4. carrotsoup said: sebenernya gw lebih demen multipelayu dan, tapi daripada gak lolos verifikasi, gw ubah deh….

    gwe mah ga peduli om…. yg penting bikin rame

  5. sarahutami said: Mas Gotreeeeeex, itu cluritnya balikin. Weeee, gondol punya orang, gak bilang-bilang. Modol dong eh mouuudaaal dong mooodaaaal.

    gotrex patah hati mbak…. makanya clurit orang dibawa lari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s