Manipulatif

 
Manipulatif, itu yang dikatakan oleh Sari pada QN saya yang ini.
Pengertian manipulatif adalah suatu tindakan memanipulasi yang berasal dari kata dasar Manipulasi yang berarti adalah sebuah proses rekayasa dengan melakukan penambahan, pensembunyian, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas, kenyataan, fakta-fakta ataupun sejarah yang dilakukan berdasarkan sistem perancangan sebuah tata sistem nilai, manipulasi adalah bagian penting dari tindakan penanamkan gagasan, sikap, sistem berpikir, perilaku dan kepercayaan tertentu. (1)
 
Sebenarnya hidup didunia ini penuh dengan tindakan manipulasi,mulai dari masa kecil,
anak kecil bisa memanipulasi orangtuanya dengan tidak mau berangkat ke sekolah dengan alasan masih mengantuk, bangun kesiangan atau sakit. Tetapi belum tentu faktanya demikian, bisa saja pada saat hari tersebut ada suatu pelajaran yang anak tersebut sangat tidak suka sehingga melakukan tindakan tersebut, pun kita itu terkadang diakui atau tidak, kerap memanipulasi bisa dilihat juga tentang manipulasi dijurnal ini (2)
 
Manipulasi bisa membutakan sesaat, bisa dilihat saat mendekati Lebaran, Natal & Tahun baru, pusat perbelanjaan memanipulasi agar konsumen datang berbelanja dengan iming-iming diskon hingga puluhan persen, baju model terbaru yang diiklankan oleh artis sebagai manipulator ulung.
Manipulasi juga bisa digunakan untuk mempercantik sesuatu, misalnya manipulasi foto dengan menggunakan photoshop, agar foto pemandangan tampaklebih “keluar” warnanya, bahkan bisa juga mempercantik foto seseorang untuk menghilangkan sebuah jerawat yang menganggu atau membuat lebih putih kulit seseorang. (3)
 
Jika ada yang bilang “saya tidak tidak pernah di manipulasi atau memanipulasi” Syukurlah, berarti orang tersebut sangat beruntung, karena mempunya sistem nilai yang sudah sangat agung.
Menurut saya pribadi, semua hal didunia ini adalah sebuah bentuk manipulatif terstruktur, tinggal bagaimana mencapai “tujuan akhir” dengan semua hal tersebut.
 
Jadi, sudahkah anda memanipulasi/dimanipulasi hari ini?
Advertisements

138 comments on “Manipulatif

  1. beautterfly said: halah, pasti ini adalah manipulasi mbak niez biar ntar malem ditemenin nonton indiheeeeee

    halah padahal bu guruh aslinya mau dimanipulasi biar ntar malem bisa ditemenin ngerjain laporan…kalo ini manipulasinya melebar :-))

  2. rengganiez said: halah padahal bu guruh aslinya mau dimanipulasi biar ntar malem bisa ditemenin ngerjain laporan…kalo ini manipulasinya melebar :-))

    melebar sangat…bu guru masih di bekasi tinggalnya..?

  3. beautterfly said: haha. jadi inget ada yg nelpun cuma mau tanya tentang takaran susu cair pada puding sutera…*lirik tersangka*

    contoh mengalihkan pokok persoalan… 😀

  4. rengganiez said: halah padahal bu guruh aslinya mau dimanipulasi biar ntar malem bisa ditemenin ngerjain laporan…kalo ini manipulasinya melebar :-))

    jiahahahaha…kurang laporan agama 10anak iniiiiiiiihhhh…sama ngeprint2ini masih di skulaaahh

  5. pas di kantor lama, saya sering banget ijin pas hari Senin. u know lah alasannya kenapa: masih ngantuk hehe….smp pas mau ngajuin cuti eh jatahnya dah habis krn kepotong ijin haha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s