Pedagang Pintar

Kalau orang berdagang didalam Buskota ngecap ngalor ngidul itu udah biasa, tapi hal yang ga biasa jika orang yang berdagang tersebut selain menguasai “knowledge” produk yang dijajakannya juga bisa melihat profil (penumpang bus) calon pembelinya dan sekaligus memanfaatkan momen.
 
Hal ini saya temukan dalam Bus Patas AC 05 Bekasi-Blok M, hanya terdapat satu pedagang mungkin karena tadi pagi Bekasi diguyur hujan.
Produk yang ditawarkan adalah “Magic Towel” yang saya lihat sepintas mirip dengan Kanebo,
Pedagang tersebut menawarkan dengan memberitahu kegunaan MT tersebut untuk mengeringkan/menghisap air, membersihkan kotoran.. hal itu sudah biasa bukan? tapi ada lanjutannya “bahwa bapak/bunda/mas dan mbak pasti punya perangkat elektronik, TV LCD atau Monitor LED yang touchscreen, sayang jika dibersihkan dengan lap biasa, tapi lebih baik dengan MT, begitu juga dengan laptop, blekberi dan android walau ada screen protector lebih baik dibersihkan dengan MT, sayang jika barang-barang yang bagus tergores layarnya karena di lap dengan kain lap atau lap dari bekas baju, apalagi saat hujan begini tas bapak/bunda/mas dan mbak jika menggunakan lap ini akan cepat sekali menyerap air”
 
lalu penjaja dagangan tersebut memberikan barangnya kesetiap penumpang (ini adalah taktik yang biasa) setelahnya dia kembali kedepan dan “mempromosikan” kembali barang nya, bahwa MT tersebut sangat kuat, tidah mudah robek hal tersebut di buktikan dengan mengeluarkan sample yang sudah dibuka, ditekuk dan digantungkan dibesi pegangan bus yang berada ditengah, lalu penjaja tersebut mengangkat tubuhnya /bergelantungan pada MT. mengangkat tubuhnya tiga kali.
 
Trik yang sangat bagus, tapi ada penutup yang membuat saya tersenyum, diberitahukan bahwa harganya jika di toko atau carrefour sekitar Rp 29,900 tapi karena dia mengakui hanya menjual barang tersebut hingga tahun baru saja didiskon harganya menjadi Rp 10,000.
Setelah barangnya diambil kembali dari para penumpang, saya menghitung (kebetulan saya duduk paling belakang dan menghitung ucapan terimakasih kepada yang membeli) ada sekitar 12 orang penumpang yang merelakan uang Rp 10,000 berpindah tangan.
 
Cara berdagang yang pintar dan unik, melihat profiling calon pembeli yang kebanyakan penumpang adalah pekerja kantoran disertai sedikit aksi dan memberikan harga psikologis.
Ya.. sekali lagi sungguh pedagang yang pintar.
Advertisements

72 comments on “Pedagang Pintar

  1. wib711 said: pedagang kan ngitung, kalo dia cuap2 di kopaja energi yang terbuang sama dan hasil yang didapat lebih sedikit, 3 kali kopaja sama dengan satu bis 🙂

    ooooooo kopaja bukan bis yaaa… *ndableg

  2. iahsunshine28 said: gak tidur kok…klo trik pura2 tidur itu biasanya pas ada pengamen…hehe.. :p

    trik ini kalau dipakai bus akap biasa misalnya Semarang-Jogja ga akan berhasil di colek2 smp bangun 🙂

  3. trully said: *cek inbox, Gan :Dhehe.. iya ya.. kalo di pikir2 mereka (para pedangan di angkutan umum) hebat juga ya, mesti ‘presentasi’ tiap hari.. 🙂

    *udah dibalas lyn mereka punya keberanian berorasi didepan orang banyak, belum tentu yang kerja kantoran berani kayak mereka ya ly 😀

  4. jampang said: tadinya saya mikir, yang dicoba sama penjual adalah yang memang asli dan kuat, tapi yg dikasih ke pembeli adalah yang KW9

    kayaknya sih barangnya sama bang… karena tuh yang dagang jembrengin juga barang sample nya

  5. sarahutami said: Eh saya pernah beli buat ngupas wortel. Itu efektif banget. Masih kepake sampe sekarang. Padahal dr jaman kuda belinya.

    Mbak Sarahhhhhh kangennnn upssss :pjadi kapan masak2 ditempat mbak sarah ? 😀

  6. pancaputri08 said: ahahaha inget ponakan ku waktu masih kecil, di ajak naik bis trus ada yg bagiin permen, dia kira ngasih gratisan padahal itu yg jualan 😀

    hehehe… kalo gitu yang dagang seneng banget tuh mbak… apalagi kalo kponakannya minta yang lain barangnya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s