Penipu Identitas

Saat buka FB, saya melihat iklan jualan dari teman saya, dan di alamatnya berubah dari yang awalnya di Bekasi menjadi Riau, akhirnya saya tanyakan langsung keteman saya, dan ternyata Fb nya ada yang njaili, untung saja account FB bisa diambil kembali dan langsung melakukan pemberitahuan di wall-nya.
 
Nah, saya juga melihat tag di salah satu Mpers dari account yang melakukan penawaran untuk kamera, saya iseng masuk ke FB yaitu Hidayah Cell https://www.facebook.com/hidayah.cell
ga ada yang aneh sekilas, tapi karena penasaran saya buka-buka FB nya, lalu iseng saya cari tahu foto-fotonya,
 
dan ternyata foto dalam album tersebut ada juga di FB lain dengan lain nama
https://www.facebook.com/akudiaaa Perhatikan ProPic-nya, sama dengan Hidayah Cell, tapi perhatikan cover fotonya, ada tertulis alamatnya di Batam, tapi web yang diberikan tidak bisa diakses, dan di wall nya ada status yang ditulis kalau diperhatian yang punya account adalah abg, ga sesuai dengan ProPic nya. Continue reading

[Xenophobia] Menggiring Opini untuk hal “benar”

Jika bertemu dengan sesuatu hal baru atau asing, wajar saja jika ada sebuah rasa takut dan ingin menghindar, saat sekolah dulu, menjelang skripsi saya nyambi jadi interviewer dan kebagian tugas buat pemetaan yang kebetulan didaerah Gajahmada-Hayamwuruk mulai dari Duta Merlin hingga Glodok, lumayan juga sih, lumayan cape dan bosen menyusuri daerah yang sama hampir dua minggu.
Salah satu tempat favorit saya adalah Jl. Kebun Jeruk III, karena disana ada mesjid besar dan adem, enak untuk beristirahat disitu berbarengan dengan para kurir, pedagang keliling atau yang yang dinas lapangan.
 
Suatu hari, karena terlalu capai, setelah shalat dzuhur, saya beristirahat hingga tertidur dan dibangunkan oleh orang untuk shalat ashar, setelah shalat ashar saya diajak mengobrol dan diajak untuk ikut pengajian serta diperkenalkan dengan jamaah tabligh, terus terang saya takut karena saat SMA, teman saya pernah ada yang terjerat KW9 tapi akhirnya bisa keluar, saya berpikirnya jamaah tabligh ini sama dengan ajaran KW9, jadi sejak diajak ngobrol itulah saya tidak pernah lagi mampir shalat di mesjid tersebut. Saya bercerita dengan teman saya, dan mendapatkan kesan negatif dari perkumpulan itu, jadi setiap bertemu dengan orang yang berjenggot panjang, berdahi hitam karena sering bersujud dan bercelana cingkrang.
Saya lebih memilih untuk menghindarinya jika sudah bertemu pun, lebih memilih untuk tidak berinteraksi. Continue reading

Kelakuan & Mitos

Saat mau kembali ke Jakarta di Adisutjipto, antrian untuk check in didepan saya ada 3 orang, saat tiba giliran orang didepan saya, dia menyerahkan print out tiket terjadilah percakapan seperti ini :
Petugas Lion : Maaf pak, tanda pengenalnya ada?
Anak muda : Emang harus ya?
Petugas Lion : Iya pak, harus menunjukan tanda pengenal
Anak muda : wah, katepe saya ketinggalan
Petugas Lion : kalau begitu SIM aja pak
Anak muda : Saya ga bawa SIM
Petugas Lion : ada pengenal lain, pasport mungkin pak?
Anak muda : Buat apa saya bawa-bawa pasport! jadi gimana ini saya sudah disini masa ga bisa check in? Continue reading

[Xenophobia] Rasa Penasaran Untuk Memahami

Keinginan saya sejak sekolah adalah bekerja sambil berkeliling kota di Indonesia, dan Alhamdulillah nyatanya memang demikian. Setiap akan bepergian ke daerah lain, selalu ada pesan dan doa tentu saja, sebuah pesan yang biasanya standar,
“jaga diri baik-baik di tanah orang dan jangan tinggalkan shalat” tapi jika dilakukan dengan penuh ikhlas maka pesan yang hanya sekedar kalimat basa-basi tersebut mampu menempati sebuah ruang dalam hati.
Tapi terkadang ada hal-hal yang tidak masuk akal acapkali mendesak masuk ruang yang begitu besar didalam hati hingga membuat hal yang lebih penting itu tertutup, contoh kecil saat akan ke daerah pasti akan ada pesan nyeleneh yang terkadang tidak masuk dalam nalar “jangan tidur diatas ranjang karena disana banyak ilmu hitam”, “jangan tidur sebelum jam 12 malam” “jangan minum air yang disuguhkan, nanti kamu ga akan bisa pulang”, “jangan makan berpindah-pindah warung jika menetap didaerah tersebut”, dan ribuan “jangan” yang lain, jikalau itu adalah jangan asem dengan ikan asin, tempe goreng dan sambal tomat, tentu akan sedap sekali untuk dimakan. *(sayur asem) Continue reading

Fokelah kalau Jokowi

P : Selamat ya paklik Jokowi atas kemenangannya dalam putaran pertama ini
Jokowi : terimakasih dik.. terimakasih, itu juga atas bantuan tim sukses, masyarakat, doa warga Solo dan atas kehendak Gusti Allah.
P : di tanah tinggi banyak warga yang protes karena ada petugas kpps yang memakai kemeja kotak-kotak
Jokowi : Sebenarnya ndak ada larangan untuk pakai baju kotak-kotak, coba tanya saja Panwaslu ya, setahu saya yang tidak boleh itu adalah mengenakan atribut, ada gambar calon, ada nomor calon dan mengajak untuk memilih salah satu calon tertentu.
Sebenarnya sih kalau panwaslu jeli, kotak-kotak itu jika dihitung jumlahnya ada 3333 kotak lho, yang menunjukan nomer buat saya dan ahok
P : Paklik Joko, jika nanti setelah putaran kedua menang, apakah paklik akan mengadakan syukuran?
Jokowi : Oh tentu itu, nanti akan ada wayangan, barongsai dan pentas musik juga, ya kan saya juga mengakomodir penduduk Jakarta yang beragam termasuk pendukung Pak Foke.  Continue reading
By wiblackaholic Posted in Absurd

Bukan Salah Siapa-siapa?

Bagi penumpang kendaraan umum terutama bagi wanita ada kemungkinan mendapat pelecehan seksual, biasanya terjadi dalam angkutan umum yang penuh, teman saya (wanita) dikantor lama pernah mengalami hal ini didalam metromini 604 Tanah Abang-Pasar Minggu, seorang lelaki iseng mepet dan menggesek-gesekan alat kelaminnya ke bagian belakang tubuh teman saya, untung saja teman saya termasuk berani, dipegangnya dengan keras alat kelamin lelaki iseng tersebut, lalu dia berteriak dengan keras, “alahh ti*it kecil gini aja pake iseng” sambil diremes dan diputer. (jangan dibayangkan rasanya… karena pasti ngilu sekali :))
Karena keberaniannya itu, dan penumpang metro langsung ramai, akhirnya sang lelaki iseng langsung keluar, maksudnya keluar dari metro. Sayangnya ga sampai dibawa ke polisi.
bisa juga contoh pria nekat yang punya kelainan sampai mengeluarkan alat kelaminnya bisa dibaca disini

Hantu Kecele

Di Indonesia apa sih yang ga bisa dijadiin uang? hantu aja bisa jadi inspirasi buat jadi bisnis dan menghasilkan uang, pemainnya mulai dari paranormal/dukun hingga bintang film dijadikan buat menghibur (dan bikin takut) dalam industri televisi dan layar lebar.
Acara perhantuan di televisi mulai dari mengunjungi tempat yang diindikasikan berhantu, menunggu hantu bahkan hingga sampai menangkap hantu yang ada tim khusus untuk memburu, kalo di kepolisian itu kayak tim densus 88 yang bertugas memburu teroris.
lain lagi di Layar lebar, film bertema hantu pasti ga jauh dari cewek yang bohay dan dan judulnya rada-rada gimana gitu.
tapi itulah, kalau di layar lebar, yang nonton mau aja ditakut-takutin (dan dibohongin tentu saja):p

Modus

Tahun lalu saat Mac teman kantor tertinggal di taksi, saya kalau naik taksi selalu ngobrol dengan pengemudinya tentang barang-barang yang tertinggal.
Jadi prosedur yang biasa dilakukan saat penumpang akan meninggalkan taksi, pengemudi wajib mengingatkan agar memeriksa barangnya kembali agar ada yang tidak tertinggal.
jika hal tersebut tidak dilakukan, maka pengemudi menyalahi peraturan yang telah ditentukan perusahaan.
 
Nah, dari cerita pengemudi-pengemudi itu ternyata memang ada modus nakal yang kadang dilakukan dengan melihat kelengahan penumpang atau melihat kesempatan. Ini contohnya :
1. Misal ada HP tertinggal dan pengemudi tahu, biasanya langsung diamankan tanpa dimatikan lalu saat ada penumpang lain masuk setelah penumpang tadi dan sampai ditujuan, HP yang diamankan tersebut langsung dimatikan, Nah, saat orang yang tertinggal HP nya kan kontak, tapi HP ga bisa dihubungi lalu kontak pool, setelah terlacak oleh pool, pengemudi dipanggil, diproses lalu karena tidak ada bukti dan pengemudi bisa saja bilang tidak melihat atau bisa saja dibawa oleh penumpang berikutnya, dan data yang ada juga mengatakan demikian.
Data HP masih aktif hingga saat dimatikan sama dengan data penumpang berikutnya yang turun. hal ini paling memakan waktu off bagi pengemudi hanya dua hari SO (stop operasi). 

Harus Cari Alasan buat Bohong

Bagi orang yang bekerja pada suatu perusahaan, salah satu hal yang didapatkan adalah cuti.
Cuti biasanya diberikan setelah pegawai bekerja selama 12 bulan dan akan diberikan 12hari untuk cuti yang akan didapatkan tahun berikutnya.
 
Proses cuti biasanya gampang, kalau ditempat saya bekerja dahulu tinggal mengisi aplikasi mau cuti dari tgl berapa hingga tanggal berapa, diajukan ke HRD dan atasan, tapi seringkali teman dari HRD selalu menemui saya setelah saya mengisi form cuti, karena saya tidak pernah mau mengisi alasan cuti.
saya bilang saya punya hak untuk cuti dan punya hak untuk ga bilang untuk keperluan apa, daripada saya mengada-ada, ga mungkin kan saya bilang kalau saya cuti untuk mengerjakan proyek ditempat lain atau untuk wawancara ditempat lain, yang pastinya tidak akan diizinkan, HRD keukeuh saya harus ngisi, karena itu masuk sistem, tapi saya juga ngotot ga mau ngisi, akhirnya saya bilang.. terserah aja kalo mau diisi, tapi saya ga bakal mau ngisi. Akhirnya sih mereka biasanya yg ngisi.
By wiblackaholic Posted in Absurd

Jalan Pintas

Tinggal dan bekerja sebagai kuli disekitaran Jabodetabek pasti akrab dengan yang namanya macet, dan kemacetan yang terjadi itu ga bisa diprediksi, seperti hari ini ruas jalan dari arah pondok kopi menuju casablanca yang sejajar dengan kanal banjir timur mulai dari duren sawit macet, –padahal kemarin jalan lenggang karena anak sekolah sudah libur, ternyata ini adalah efek demo didepan di Rasuna Said
Perjalanan yang biasanya 60-70 menit dari Bekasi-Panglima Polim tadi tembus hingga 100 menit, padahal sudah melalui jalan tikus -yup, ini adalah beneran jalan yang dilalui tikus karena melewati gang kecil dari Pal Batu masuk melewati pemakaman umum menteng wadas dan bisa muncul diseberang Hotel Park Lane-  Continue reading