Modus

Tahun lalu saat Mac teman kantor tertinggal di taksi, saya kalau naik taksi selalu ngobrol dengan pengemudinya tentang barang-barang yang tertinggal.
Jadi prosedur yang biasa dilakukan saat penumpang akan meninggalkan taksi, pengemudi wajib mengingatkan agar memeriksa barangnya kembali agar ada yang tidak tertinggal.
jika hal tersebut tidak dilakukan, maka pengemudi menyalahi peraturan yang telah ditentukan perusahaan.
 
Nah, dari cerita pengemudi-pengemudi itu ternyata memang ada modus nakal yang kadang dilakukan dengan melihat kelengahan penumpang atau melihat kesempatan. Ini contohnya :
1. Misal ada HP tertinggal dan pengemudi tahu, biasanya langsung diamankan tanpa dimatikan lalu saat ada penumpang lain masuk setelah penumpang tadi dan sampai ditujuan, HP yang diamankan tersebut langsung dimatikan, Nah, saat orang yang tertinggal HP nya kan kontak, tapi HP ga bisa dihubungi lalu kontak pool, setelah terlacak oleh pool, pengemudi dipanggil, diproses lalu karena tidak ada bukti dan pengemudi bisa saja bilang tidak melihat atau bisa saja dibawa oleh penumpang berikutnya, dan data yang ada juga mengatakan demikian.
Data HP masih aktif hingga saat dimatikan sama dengan data penumpang berikutnya yang turun. hal ini paling memakan waktu off bagi pengemudi hanya dua hari SO (stop operasi). 
2. Misal ada laptop tertinggal, pengemudi awalnya tidak tahu tapi setelah penumpang turun, kira-kira 100-200 meter, pengemudi mengambil jalan alternatif lalu menyalakan argo seolah-olah ada penumpang baru, lalu berjalan hingga kira-kira argo menunjukan angka Rp 8000-Rp 10.000 lalu argo dimatikan dan laptop disimpan, saat break istirahat bisa mengontak orang lain yang bisa dititipi laptop tersebut. Saat ada laporan dari penumpang yang tertinggal barangnya, maka pengemudi akan akan mempunyai alibi yang kuat, walau semua data terekam oleh sistem mulai dari penumpang naik-turun, jalan yang dilewati, kecepatan pada jalan tersebut tapi barangnya tidak dapat diketemukan, paling pengemudi hanya SO satu minggu. karena siapa yang bisa melacak “penumpang siluman”? kecuali ada saksi yang melihat taksi dalam keadaan kosong tapi menyalakan argo.
ini yang terjadi pada teman saya, bahkan sampai kami diberikan detil perjalan taksi itu mulai dari keluar pool hingga kembali masuk pool.
Tapi jika menggunakan penumpang menggunakan voucher langganan biasanya pengemudi nakal ini akan berpikir ulang, jadi bagi yang menggunakan taksi paling tidak harus memperhatikan nomor taksi, nama pengemudi, mulai naik, lokasi turun, dan waktunya. Rada repot memang, tapi hal ini bisa sedikit membantu jika barang anda tertinggal -atau jika ada kejadian diturunkan ditengah jalan seperti pengalaman Ira prajuritkecil karena membawa durian-
 
Menjelang jam istirahat, selamat makan siang buat yang tidak berpuasa.
 
#03-05072012
Advertisements

52 comments on “Modus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s