Penipu Identitas

Saat buka FB, saya melihat iklan jualan dari teman saya, dan di alamatnya berubah dari yang awalnya di Bekasi menjadi Riau, akhirnya saya tanyakan langsung keteman saya, dan ternyata Fb nya ada yang njaili, untung saja account FB bisa diambil kembali dan langsung melakukan pemberitahuan di wall-nya.
 
Nah, saya juga melihat tag di salah satu Mpers dari account yang melakukan penawaran untuk kamera, saya iseng masuk ke FB yaitu Hidayah Cell https://www.facebook.com/hidayah.cell
ga ada yang aneh sekilas, tapi karena penasaran saya buka-buka FB nya, lalu iseng saya cari tahu foto-fotonya,
 
dan ternyata foto dalam album tersebut ada juga di FB lain dengan lain nama
https://www.facebook.com/akudiaaa Perhatikan ProPic-nya, sama dengan Hidayah Cell, tapi perhatikan cover fotonya, ada tertulis alamatnya di Batam, tapi web yang diberikan tidak bisa diakses, dan di wall nya ada status yang ditulis kalau diperhatian yang punya account adalah abg, ga sesuai dengan ProPic nya.
Lantas ada juga pemilik mahkota elektronik, https://www.facebook.com/mahkota.elektronik.50
dan Jaya Elektronik https://www.facebook.com/jayaelektronic/photos dengan nama Hartanto Anto, bandingkan foto tersebut dengan foto hidayah cell diatas
jika masuk kedalam album fotonya akan nampak sama semuanya ada foto keluarga, yaitu bapak, ibu dan anaknya.
 
Itu yang dari FB, ini saya juga dapat dari kaskus http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=708585916 tapi namanya sudah berubah jadi edie 3535
Nah, yang seru ada disini http://tonyhermawanshop.blogspot.com/p/foto-keluarga-dan-pribadi.html namanya berubah jadi Tony Hermawan, blogspotnya lumayan rapih
Dan satu lagi juga ada disini, bentuknya sama dengan blogspot diatas
 
Jika memang orang tersebut yang sesuai ProPic memang hendak jualan, pasti akan berjualan dengan cara yang benar, tapi hal ini tidak benar karena :
1. Mempunyai banyak account dengan nama yang berbeda
2. Setiap nama no teleponnya selalu berbeda
3. Profil asal di FB nya selalu berbeda-beda
4. ProPic nya sama
5. Album keluarga selalu sama
 
Logikanya, jika berjualan dan mempunyai re-seller tentu saja no 1 hingga 3 hal ini mungkin, tapi ga mungkin kalau foto di album keluarga dan ProPicnya sama.
dan jika orang dalam foto ini berniat jahat dengan membuat banyak account, tentunya ga mungkin posting foto sekeluarga.
Jadi kemungkinan terbesarnya adalah foto orang tersebut disalahgunakan, ada yang menggunakannya dan jika melihat account-account itu berbahasa yang mirip, ada kemungkinan itu adalah sebuah sindikat.
 
Buat yang hobi berbelanja secara online, lebih berhati-hati untuk melakukan transaksi caritahu apakah memang benar berjualan atau ada indikasi menipu, jangan terlalu juga percaya dengan testimoni yang ada pada wall FB yang berjualan, karena bisa juga itu merupakan rekayasa.
dan bagi yang suka posting foto dengan keluarga di MP atau FB, agar setidaknya postingan tersebut hanya untuk kontak saja atau orang tertentu, agar k
asus wiwit yang fotonya dijadikan Propic oleh penipu di FB
tidak terulang kembali.
 
Selamat menikmati sore, selamat membuat daftar belanja untuk menghabiskan THR bagi yang menerima.
 
 
Link terkait dengan propic diatas
68 comments on “Penipu Identitas

  1. wib711 said: wahhh…. kalo punya no kontaknya mendingan dikasih tau ri

    lha biasanya gue cek-cek dulu akun yang ngetag itu siapa sih kog bisa ngetag padahal akun gue bener2 cuma bisa diliat dan ditag kontak doang, dan untuk OS udah pasti gue reject undangannya, kecuali OSnya temen deket itupun fanpagenya doang lah… tapi kayaknya rata2 udah dihapus data2 pemilik lamanya, jadi karna ga jelas ya gue unfriend aja gitu, lumayan buat approve yang laen :p

  2. Mbak Wiwid MP pernah jadi korban, foto dia sekeluarga dilaporkan di Kaskus sebagai penipu di FB.Sepupuku pernah dibajak akun FBnya, untungnya aku lsg tahu jd gak sempat berdampak buruk.Pengamanan FB sebetulnya sangat ketat, asalkan kita betul2 mengoptimalkan fungsi pengamanan. Kalau saya sih sengaja bikin gak bisa akses FB dr sembarang komputer, dan gak bisa memunculkan tag tanpa permisi.

Leave a Reply

