Bukan Sekedar Survey

Kalau ngomong tentang riset pemasaran kadang orang masih bingung itu apaan sih? kesannya njelimet karena ada kata “riset”.
Kalau menurut definisi resmi dari AMA-America Marketing Association

“Marketing research is the function that links the consumer, customer, and public to the marketer through information–information used to identify and define marketing opportunities and problems; generate, refine, and evaluate marketing actions; monitor marketing performance; and improve understanding of marketing as a process. Marketing research specifies the information required to address these issues, designs the method for collecting information, manages and implements the data collection process, analyzes the results, and communicates the findings and their implications.”

“fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif. Riset pemasaran menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.

masih njelimet? iya memang.. Untuk gampangnya sih itu semua dikerjakan didapur orang riset, kecuali hal yang berhubungan dengan pengumpulan informasi data, baik primer maupun sekunder. Pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan cara interviewing, dengan wawancara langsung (Face to Face) , Telepon (CATI) ,  Surel atau Survey berbasiskan Web.
Sedangkan data sekunder bisa mendapatkan data dari jurnal-jurnal ilmiah, internet, buku ataupun majalah.

Dari semua cara pengambilan data yang paling dikenal masyarakat umum adalah survey, sedangkan pengambilan datanya dengan cara wawancara langsung (face to face).  (nantilah lebih lanjut akan dibuat dalam jurnal lain).

Pekerjaan (survey) mencari data kadang bisa dibelokan oleh orang lain untuk“menjebak”, terus terang saja saya pernah terjebak, awalnya saya dihubungi oleh seorang teman dan ngobrol-ngobrol tentang Survey, sampai akhirnya saya diminta buat bantu mengisi data, katanya dia sedang melakukan survey tentang kesehatan, okelah saya bantu.
Dikeluarkan sebuah kertas (seperti kuesioner) ditanya nama, alamat, usia, terus tentang rumah sakit, kalau berobat kemana, cara melakukan pembayaran dan saya mulai curiga saat pertanyaan menjurus ke penyakit yang pernah dialami. Sangat detil sekali, selama saya menjalankan riset pasar tentang kesehatan atau rumah sakit tidak pernah sampai sejauh itu, dan akhirnya saya diprospek untuk mengikuti asuransi kesehatan, saya katakan sudah mempunya asuransi kesehatan tapi tetap saja teman saya keukeuh untuk presentasi.

Oh my…… satu jam lebih waktu saya tersita karena tidak diberitahu tujuan yang sebenarnya. Jika dari awal diberitahu bahwa akan diprospek untuk asuransi kesehatan tentu saja saya tidak datang wong saya sudah punya, tapi karena saya memang bekerja dibidang survey, ya terus terang ada ketertarikan akan hal tersebut.

Tapi memang sejak saat itu kalau ada yang ngajak ngobrol dan mau survey, saya tanya dulu apakah ini mau jualan atau buat dijadiin prospek asuransi :)

Advertisements

6 comments on “Bukan Sekedar Survey

  1. hahahahaha.. asli capek ngadepin orang marketing .. baik marketing asuransi, saham, trading, dsb. Ga ada matinya mereka

    aku sendiri kalau seandainya jadi mereka, kayaknya ragu2 mau prospek temen sendiri, karena.. salah2 bisa2 pertemanan rusak gara2 ngeprospek. *memang ga bakat marketing kali ya T_Tv

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s