Komunitas Para “Orang Gila”

Pada jurnal yang lalu saya menuliskan tentang komunitas* yang mempunyai suatu kesamaan sebagai user dari suatu produk tertentu, nah selain itu ternyata banyak “orang gila” yang tergabung dalam komunitas yang bukan user dari suatu produk/jasa tertentu, melainkan kesamaan untuk peduli dan berbagi dengan sesama (yang bukan orang gila).
 
Anggota komunitas tersebut dibilang gila karena kadang kalau menurut pandangan secara logika mereka kok ya mau bersusah payah untuk ikutan peduli ama orang lain, kan lebih baik memanfaatkan waktu dan materi untuk kehidupan pribadinya daripada untuk orang lain yang bahkan belum tentu dikenal.
Tapi, itulah hebatnya mereka ga pakai pamrih mau membantu, banyak cibiran jalan terus karena didalam hati mereka terdapat satu ruang yang berisikan kepedulian.
Yang Hadir
 
Sabtu lalu, para “orang gila” dari berbagai macam komunitas tersebut berkumpul bahasa kerennya gathering, saa terkejut karena para “orang gila” tersebut ada yang masih SMP dan SMA, tapi mereka mau meluangkan waktu disela-sela waktu sekolah untuk berbagi.
 
Pembukaan oleh Bayu Gawtama
 
 
Relawan dari Bandung
 
 
Komunitas Lebah (semanis madu :p)
 
Disini juga saya bertemu kembali dengan bude Kiswanti, Jadi ingat saat pertama kali bertemu dengan Bude dan adek2 dari Warabal.
yang masih ingat dengan saya, padahal sudah hampir lima tahun, dan beliau menceritakan anak yang saya gendong saat itu sekarang sudah kelas 4 SD 😀
Bude Kiswanti & Bang Iroel
 
 
Sahabat Peduli
 
 
Hal yang menarik adalah adik-adik dari SMA di bogor dengan gerakan 1000 senyum, gerakan ini bukan memberikan senyum ke 1000 orang atau senyum bareng 1000 orang lalu difoto dan dimasukan ke jejaring sosial, tapi ini adalah gerakan yang menggagas untuk mengumpulkan uang dari tiap pelajar sebanyak Rp 1000 setiap minggu, kecil memang dibanding uang jajan mereka, tapi besar artinya, jadi dari rupiah yang terkumpul mereka gunakan salah satunya untuk perbaikan sarana umum yaitu mushala.
 
Jadi malu ama anak-anak SMA itu… *ngintip dari balik jendela*
 



baiklahh…. Selamat makan siang dan istirahat sejenak sebelum beraktifitas kembali 🙂
 
Advertisements

Mimpi Naik Monas

Monas.., pasti udah pada pernah lihat minimal denger tentang Monas. Ingin bermain dimonas dan naik ke cawan atau puncak monas? Mungkin kalau mendengar keinginan tersebut kita tertawa,
bahkan meledek, ngapain sih pakai acara naik-naik monas segala… Tapi, terus terang aja diantara teman MPers, yang menjadi kontak aku,  atau bahkan yang membaca jurnal ini paling hanya 10% yang pernah naik.. 🙂

Sebenarnya tujuan utama jurnal ini adalah mengajak teman-teman MPers buat ke Monas, untuk mewujudkan mimpi anak lebak wangi. tentang hal ini bisa dibaca di jurnalnya pak Gawtama.

Selain itu dengan dimotori mbak Kosi di jurnal ini, kita berusaha mewujudkan mimpi tersebut.
Setelah melalui konferen dan ditindaklanjuti dengan pertemuan di UI untuk membahas rencana tersebut.
Untuk survey ke lebak wangi & Monas telah dilaksanakan oleh Edo dan bisa dilihat disini.

Untuk dana dan bantuan yang sudah masuk ada dijurnal CAB ini..
juga ada tambahan bingkisan buat adek-adek lebak wangi dari teman blogfam (bloqecimpringan)

Bagi teman-teman yang mau ikutan membantu mewujudkan mimpi anak lebakwangi,
hayo silakan bergabung..

dan siapa tahu bisa ikutan membantu acara ini dalam bentuk apapun… 🙂

Salam
Wib

[Dua Sisi] Simalakama, Bantuan & Posko

Kemarin, jalan ke Kp Melayu, tepatnya ke kelurahan Kp Melayu, termasuk Kelurahan Selebritis pada saat Banjir besar melanda Jakarta.

Disana bincang-bincang sejenak dengan pak Lurahnya. pada saat datang, pak Lurah sedang sibuk bertelepon ria. Setelah itu, barulah ngobrol-ngobrol.

Kalau masaah banjir, itu sudah rutin, dan nyaris 90% wilayahnya termasuk wilayah rawan air.
Jadi untuk penanganan banjir (yang biasa) seperti untuk pengungsian, dan logistik sudah lumayan cara penanganannya. Kecuali pas Banjir kemarin. itu memang diluar dugaan. dan Kesibukannya makin luar biasa.

Nah, kembali keawal.. Pak Lurah yang sedang bersibuk-sibuk ria itu ternyata ditambah bonus sibuknya dengan para pengungsi dan pemberi bantuan (relawan, Posko)

Yah, semuanya mengerti kalau banjir tersebut membuat segalanya yang terkena banjir menjadi lebih sulit. Didalam rumah tergenang lumpur, banyak perabotan yang tidak bisa digunakan lagi. dan masih banyak kerugian lainnya.

Pengungsi & Bantuan
setelah banjir berlalu, mulai banyak yang meninggalkan posko, tetapi masih banyak yang bertahan.
Sebenarnya para pengungsi sudah bisa pulang, dan mulai membersihkan rumahnya,  Tetapi mereka lebih memilih tinggal, karena di posko keadaannya lumayan terjamin.
Dan mereka mencoba bertahan di tempat itu. Selama Posko masih ada, dan mereka masih disana, bantuan akan terus masuk.

Akhirnya kepala suster di santa maria, komplain. karena pelajaran jadi terganggu.. Setelah negosiasi dan waktunya di undur, tetap juga tidak mau beranjak 🙂
Nah, pas aku disana itu, pak Lurah baru selesai berunding dan para pengungsi dengan wakilnya membuat surat pernyataan diatas materai bahwa pengungsi sudah harus meninggalkan santa maria hari ini .. Aku baru membaca berita didetik setelah diberitahu temanku

Posko
Posko yang berada dipinggir jalan juga perlu dipindahkan,  tujuannya agar tidak menganggu kelancaran lalulintas. Para pemilik Posko pada komplain, kenapa disuruh dibongkar.
Ternyata berita yang tersebar seperti itu, padahal pihak kelurahan meminta agar posko dipindahkan, dan tidak memerintahan buat dibongkar dan sudah ada ketentuan waktu beroperasinya posko…
aku jadi berpikir, kalau membantu harus dengan spanduk tulisan gede-gede ya?  atau ini merupakan media iklan terselubung? 😀

Dari satu sisi, dalam hal membantu korban banjir, banyak sudah melaksanakannya,
Tapi kalau melihat dari sisi yang satu, seharusnya bisa disikapi dengan Arif. Toh tidak bisa terus menerus menunggu bantuan, tetapi juga harus bekerja untuk kembali beraktivitas pasca banjir.

Dan para posko yang mewakili apapun itu, entah Partai, Partai dan Partai ..  ups.. ralat, entah itu Partai, Golongan, atau Komunitas serta Perusahaan atau Kelompok
bisa lebih membaca situasi untuk membantu dengan cara yang lain, jika bisa turun langsung no problem, kalau dalam bentuk sumbangan misalnya jangan Mie lagi Mie lagi 🙂
Apapun Minumannya, makanannya Mie Instant haduh….

Pada saat ini, peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan untuk membersihkan lumpur, peralatan memasak serta alas untuk beristirahat.

Ah… seperti yang temanku bilang… “Inilah Indonesia…. “

Laporan Sementara MPers Peduli Banjir

Laporan Sementara Penerimaan dan Pengeluaran untuk Baksos “MPers Peduli Banjir”
Biar bisa dipantau terus dan dikoreksi kalau ada salah..
Lokasi Tahap I : Cipinang Muara, masuk dari Belakang Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.
Lokasi Tahap I : Ciledug*
PENERIMAAN
Nama Bank Kota Tanggal Jumlah Total
CHV I Jakarta 4-Feb 500,000
CHV II Jakarta 4-Feb 500,000
CHV III Jakarta 4-Feb 1,000,000
SGT Jakarta 4-Feb 200,000
PJA Jakarta 4-Feb 100,000
MHR Jakarta 4-Feb 200,000
WWI Jakarta 4-Feb 225,000
IRW Bca Jogja 4-Feb 100,000 2,825,000
Saldo Baksos Jakarta 4-Feb 695,000
WND Bca Bandung 4-Feb 100,000
TIA Bca Jakarta 4-Feb 100,000
NAN Bca Jakarta 4-Feb 200,000
BOO Bca Jakarta 6-Feb 450,000
HST Bca 7-Feb 50,000
CHI Bca 7-Feb 100,000
TYB Bca Jakarta 7-Feb 300,000
NN Bca 7-Feb 100,000
GAT Bca 200,000
RID Bca 50,000
EL Bca 100,000 2,445,000
Total Penerimaan / 7 Februari 07 5,270,000
CIPINANG
PENGELUARAN
Keterangan Unit Harga Jumlah Total
Bon I (Carrrefour)
Laurier 10 7,180 71,800
MD Panty 6 9,900 59,400
Atasan Piyama 1 19,900 19,900
Men T-shirt 12 19,900 238,800
Man Jacket 2 19,900 39,800
Max panty 15 3,900 58,500
Ellen Bra 12 9,000 108,000
Caladine Powder 5 7,100 35,500
Purol Powder 5 8,125 40,625
Caplang Minyak Telon 5 8,350 41,750
Tolak Angin 10 8,030 80,300
Oskadon 10 1,175 11,750
Milna Todler 1 6,250 6,250
Sun Marie Biscuit 4 3,745 14,980
Promina Bisc Roll 10 6,675 66,750
Promina Bisc 125 20 8,270 165,400
Milna Biskuit Buah 6 7,500 45,000
Boneeto UHT Berry 26 2,775 72,150
Boneeto UHT Vanilla 50 2,775 138,750
Indomilk UHT Straw 23 1,950 44,850
Air Mineral 2Tang 600ml 24 1,060 25,440 1,385,695
Bon II (Giant)
Energen 1 16890 16,890
Ceremix Vanilla 2 15475 30,950
Ceremix Choco 2 15475 30,950
Cradlers 10 4150 41,500
Soffel 5 10190 50,950
Lolla baby diapers XL 2 42030 84,060
Lolla baby diapers L 72 1 96374 96,730 352,030
Bon III ( Indomaret)
Air Mineral Indomaret 1500ml 16 2150 34,400
2tang 1500ml 9 2350 21,150 55,550
Bon IV (Agen )
Aqua 1500ml 12 2250 27,000
Aqua 1500ml 5 2500 12,500 39,500
Bon V ( Apotik Rini)
Troches 1 340,000
Fludane 100 567 56,700
Neurodex 200 392 78,400
Nosib Zalf (obat gatal) 12 3000 36,000
Konicare Minyak Kayu Putih 12 8540 102,480
Oralit 150 422 63,300
Obh Combi Plus Yunior 6 8052 48,312 725,192
Total Pengeluaran 2,557,967
Penerimaan per 7 Feb 07 5,270,000
Pengeluaran Cipinang 2,557,967
Pengeluaran Ciledug 1,118,000 3,675,967
Saldo per 7 Feb 07 1,594,033
Pengeluaran 10 Feb 07
Arie 700,000
Wib 550,000 1,250,000
Saldo per 10 Feb 07 344,033
Penerimaan & Pengeluaran per Tanggal 10 Feb 07
Keterangan Unit Harga Jumlah Total Saldo
Terima dari Arie 550,000
Bon I (Pasar benhill)
Aqua 1500ml (5 lusin) 5 26,000 130,000
Daster u/ ibu-ibu 9 7,000 60,000
Softex 3 13,500 40,500 230,500
Bon II (AlfaMart Penjaringan)
Biskuit Marie 45gr 14 1,475 20,650
Biskuit Marie SS M 8 2,150 17,200
Indomilk Coklat 12 21 1,425 29,925
UHT Strawberry 19 1,375 26,125
Indomilk Coklat 12 1 1,425 1,425
Indomilk Kid FC 1 20 1,375 27,500 122,825
Bon III (Indomaret Pengadengan)
Indomilk Kids Strw125 33 1,450 47,850
Indomilk Kids cokl125 31 1,450 44,950
Indomilk Kids FCRM125 24 1,450 34,800 127,600
Total Pengeluaran 480,925
Saldo Baksos Tahap II per 10 Feb 07 di Wib 69,075

Maaf, baru dicicil sebagian.. nanti menyusul lagi.
karena masih ada uang yang masuk dan pengeluaran ciledug yang buktinya kmarin lupa dibawa Arie.

Makasih banyak

MPers Peduli Banjir

Baca message Network dari Arie, dan link dari jurnal mbak kosi sempat kontak dengan Arie hari sabtu jam 22.00,

Ternyata Arie sedang jalan membantu korban banjir bersama teman-temanya dari Kapa.

Hari ini 5 Februari 2007, jam 03.09, dapat sms dari Arie :

Wib, ge ama teman-teman Kapa udah dua hari ini di lapangan dan udah mulai kurang pasokan pangan, makanan bayi n pakaian jugga pembalut. Bisa tolong koordinasi mpers ngumpulin ga?
Trus dana baksos mpers direkening msh ada saldo 695rb, tolong mintain ijin dipaka buat beli makanan n keperluan lain ke Mpers bisa ga? gw ga bisa internet, semua down

Trus kalo bisa jg kumpulin dana lg. elo yg koordinir, catetin langsung dijurnal bisa ga, untuk setiap dana yang masuk?

Gw br mau tidur dulu, nanti jam 9 gw jalan lagi….

Nah Teman-teman MPers, berdasarkan sms tersebut ada beberapa hal yang aku mau sampaikan :

A. Mohon izin penggunaan dana dari MPers yang masih ada di Rekening Baksos untuk dibelikan barang-barang kebutuhan untuk korban banjir

B
. Jika ada teman-teman yang ingin turut membantu seperti biasa bisa menyalurkan

melalui Rekening dana baksos MPers:
1. Bank Mandiri Depok, No. 129-00-0496405-8, a/n Sri Sarining Diyah,
2. BCA Depok, No.421-232-6813, a/n Sri Sarining Diyah,
3. atau menggunakan Western Union / Moneygram, Sri Sarining Diyah, Jl. Raya
pulogebang No. 2, Jakarta 13950

C. Melalui Link Mbak Kosi di sini

D. Bagi yang ingin membantu dengan memberikan barang-barang seperti pakaian dan makanan silakan dikirim ke Posko MPers Peduli Banjir
Jl. Mesjid V, Pejompongan, dengan mas Mbong
bisa kontak beliau di nomor 0815.1443.1102

E. untuk daerah Cimanggis, bisa kontak (0815.8657.2179) dengan mbak Laura Khalida

Saat ini barang-barang yang dibutuhkan adalah Pembalut wanita, diapers & obat-obatan ringan serta selimut dan tentu saja air mineral.

Untuk tahap kedua, kami berencana untuk mendistribusikan barang hari sabtu,10 Feb
Packing akan dilakukan hari jumat sore atau sabtu pagi dan langsung menuju lokasi.
Hayo buat teman-teman, jika ada yang mau membantu.. kami akan senang sekali.

Jika teman-teman ada yang sudah transfer melalui rekening Baksos MPers, silahkan hubungi untuk konfirmasi :

* Ari: 0818-848499 or PM (dengan catatan rada lama dibukanya karena i-net nya lg down)
* Wib: 0219-3082-711 or 0816-102-974 & PM
* Puji : 0856.184.8640

Agar semuanya tercatat dan dapat disalurkan kepada yang membutuhkan.
Oh iya, dapat berita juga kalau mas Pras juga turut membantu melalui posko di XL, dan beliau sudah kontak Arie untuk turut mendistribusikan barang-barang yang ada disana.

Sebagian dana yang sudah masuk sudah dibelanjakan dan distribusikan
bisa lihat disini

Daftar Sumbangan yang sudah masuk
Nama Kota Jumlah Tanggal Bank
Saldo Baksos 695,000
CHV I Jakarta 500,000 4-Feb
CHV II Jakarta 500,000 4-Feb
CHV III Jakarta 1,000,000 4-Feb
WND Bandung 100,000 4-Feb Bca
SGT Jakarta 200,000 4-Feb
PJA Jakarta 100,000 4-Feb
MHR Jakarta 200,000 4-Feb
WWI Jakarta 225,000 4-Feb
TIA Jakarta 100,000 4-Feb Bca
NAN Jakarta 200,000 4-Feb Bca
IRW Jogja 100,000 4-Feb Bca
BOO Jakarta 450,000 6-Feb Bca
HST 50,000 7-Feb Bca
CHI 100,000 7-Feb Bca
TYB Jakarta 300,000 7-Feb Bca
NN 100,000 7-Feb Bca
Total 4,920,000


Terimakasih Banyak untuk partisipasinya

Salam
Wib

Gempa Jogja 2006

Jurnal terkait ada di tempat Tyo
* Laporan Perjalanan dari Jogja Pasca Gempa
* Laporan Penyediaan Barang untuk pengungsi
* Peta Distribusi Barang untuk Korban Gempa
* Barang-barang dari MPers Untuk Korban

Mungkin sekelumit cerita ini ga penting bagi teman-teman, tapi bagi saya sangat penting artinya… ada sedikit deg-degan, belajar tidak panik, sedikit lucu dan kerjasama plus kekeluargaan yang baik..

26 Mei
Aku berangkat ke Jogja untuk menghadiri pernikahan rekan satu kantorku, sebelum berangkat ada titipan dari teman-teman dimilis sebelah buat pengungsi Merapi.

27 Mei
Baru bisa tidur dipenginapan jam 02.30, bangun jam 04.15ga bisa tidur lagi,hawa terasa panas, fan udah ga ada artinya akhirnya cuma pakai celana pendek n kaus dalam. 05.42 (Waktu jam di hp ku) ada getaran keras sekali awalnya kukira Merapi mbledos, langsung cari segitiga pengaman maksudnya deket tiang gitu kayak dijurnal mas Tian :p
Ga lama ada yang berteriak-teriak menyuruh keluar kamar pas sampai luar ga ada orang, ga tau siapa yg gedor2 pintu.. cuma bercelana pendek plus kaus dalam saja.. tapi akhirnya balik lagi, nyambar Kaos dan HP serta dompet. kalo ada apa-apa biar komunikasi gampang n ada uang buat jajan :p

Sampe luar masih pada bingung apa yang terjadi antara Merapi Mbledos atau Gempa? akhirnya memutuskan masuk kamar sambil komunikasi dengan orang rumah serta beberapa teman yang ada di jakarta dan di jogja. Ga lama dapat telp dari Tyo, yang alhamdulillah keadaannya juga baik2 saja

Akhirnya mandi dulu, ga lama keluar dari kamar mandi, masih pakai handuk. ada kehebohan lagi, banyak yg teriak Air.. air… rob…rob… ono tsunami.. aku tadinya niat keluar, akhirnya ga jadi… ganti pakaian dulu… packing dulu… liat barang udah beres.. baru keluar, dan ternyata diluar penginapan udah pada panik.. pada lari kearah utara..

Aku penasaran aja, sambil kontak Tyo mengabarkan kalo ada isu tsunami,  aku berjalan kearah malioboro, di Malioboro, orang-orang berlari sambil bilang, air sudah sampai Keraton..
aku berjalan kearah Keraton.. mo cari info, ga lama ketemu pak Polisi naik Moge dan pas kutanya dia baru selesai ngomong sama kapolsek Kresek, bahwa tidak ada tsunami dan itu hanya isyu yang dihembuskan pihak yang ga bertanggungjawab.

Urunglah ke Keraton, trus ke Stasiun, yang tidak kalah hebohnya..banyak orang yg masih memakai pakaian tidur, daster cuma bawa dompet hendak ngungsi ke Solo atau langsung balik Jakarta.
Akhirnya memutuskan ke atas, ke kaliurang.. ternyata macet banget  sampai ugm, banyak orang bilang air udah sampai malioboro.. aku bingung.. barusan kan aku dari Malioboro ga ada apa2..
Trus, naik hingga km 8, disana orang-orang bilang air sudah sampai Ugm lho.. aku barusan dari UGM

Waduh… isuu memang sangat cepat, melebihi angin… pas sampai atas, dirumah Tyo, ternyata beliau ndak ada. sedang “refreshing kearah atas” Aku cuma berpikir, jika air susdah mencapai ugm…
bagaimana dengan kota jogja… berarti hanya tinggal nama saja yah..

Untuk pendistribusian barang… karena naiknya Pick Up, kebayang deh aku duduk ditengah dekat sopir, dan aku disuruh melangkahi perseneling.. asli ga bisa bergerak, yah.. sambil tahan napas aja..

padahal pengen naruh kaki diatas dashboard.. tapi ada yang komplen :p
*ngelirik Tyo, maaf.. xixixixi*

Yang paling mengharukan sekaligus lucu adalah pernikahan temanku Pada saat gempa, dirinya beserta keluarga sedang dirias,  dan kaburlah para perias pengantin tersebut… Temanku tak kalah sigapnya, langsung ikut berlari bukan menyelamatkan diri tetapi menguber periasnya dan menyuruh tetap melaksanakan tugasnya..Huuhu… kebayang aja.. pengantin belum dirias penuh.. sudah berlari2 keluar gedung nguber2 perias pengantin sambil mengacung-acungkan keris…dan hikmahnya yang lain, pas aku datang… udah pada sepi,.. akhirnya malah dipersilakan ikutan makan bareng bersama pengantin…

Sekali lagi Terimakasih :
* Buat Allah atas Ketulusan dan Kejujuran yang diberikan (Tyo… inget kan?)
* Buat MPers yang udah mempercayakan amanatnya pada aku dan Tyo buat disampaikan pada korban Gempa
* Buat keluarga mas Rahmat Budi Sulistia, pak Sunjaya & mas Andang yang dengan ikhlas mau direpotkan
* Buat Bu Noer, Pak Rosyid dan satu lagi maaf aku lupa yang di piyungan udah mau turut menyalurkan bantuan MPers.
dan tentu saja buat : Keluarga Tyo, yang udah ngebolehin aku ngebajak Tyo selama dua hari… 😀

ke Budhi Asih Bareng kelompok Sporty Mama (Milis GH)

Jum,at malam, setelah istirahat dirumah.. mampir ke T4 Adekku.. trus iseng buka MP..
Rencana awal sabtu Pagi mo kebandung, n cari no telp
Teh Andra serta Winda dari profil MP.
Winda OL.. akhirnya minta no nya… tapi karena kondisi badan lagi ga memungkinkan, ke Bdgnya Batal……

Baca Pesan ini ternyata ada acara lumayan menarik.. tapi di RSCM, trus ga sengaja dikasih tau Winda, kalo si Ibu juga Posting (aku kok ga terima ya?) ku buka lagi.. n akhirnya tanya2 eh malah diajak ke Budi Asih.. padahal rencana pertama mau ke RSCM, bareng Rida..

Sabtu pagi, call my Sista, Vha… ngobrol2 akhirnya iseng ku bajak buat nemenin ke Budi Asih….
Ternyata dia mau.. kangen ama gue, yang udah lama ngilang…
Ternyata kita telat datang… baru datang malah pas acara Foto2 difoto sama Mas
Agung..
biasalah, para narcisis ada disana ada Teh
Ida, Adekku yang Gelo, Keponakanku yang jahil & malah ketemu my Sista, yang ternyata kakak kelas ibu ini waktu di UI…
(sempitnya dunia)

Ga lama setelah bagi-bagi goodie bag buat anak2.. akhirnya ikut rombongan emak-emak (milis GH) ke Sari Kuring di KTS.. eh dateng juga ternyata si Spike Hair datang juga.. ampyun ramenyaaaaa..

Ada insiden kecil, pas di Budi Asih, aku diminta bawain & buang bungkusan yang udah ga kepakai.. ternyata, dibawahnya ada segepok tessa sama merchandise… Akhirnya dari KTS balik Budi Asih lagi .. untung aja di anterin Aa Rully. (itu gara2 disentil Yayangnya) & biang makan..
Alhamdulillah barangnya masih ada,, walau harus ngaduk-ngaduk t4 sampah..

Yah.. Thanks Teman… atas acara sabtu kmaren.. ga dimana & sama siapa aja kalo dari MP selalu ramai & Narsis….!!!

*Foto2 minta aja yah sama si Ibu, Adekku Gelo, Mas Agung & Spike Hair… 😀